PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN LUDO SMART MATH (LSM) UNTUK MEMBELAJARKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MATRI BILANGAN PADA SISWA KELAS VII MTS S HAJIJAH AMALIA SARI BATUNADUA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran Ludo Smart Math (LSM) untuk membelajarkan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa di MTS S Hajijah Amalia Sari Batunadua dan mengetahui kualitas media pembelajaran Ludo Smart Math dilihat dari aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifannya. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, Disseminate). Subjek dalam penelitian ini adalah 25 siswa kelas VII-A MTS S Hajijah Amalia Sari Batunadua. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Instrumen yang digunakan diantaranya 1) lembar angket berupa angket validasi oleh ahli untuk melihat kevalidan produk yang dikembangkan, dan 2) angket respon siswa untuk mengetahui kepraktisan produk yang dikembangkan. Validasi dilakukan oleh 3 ahli yaitu ahli media, ahli materi, dan ahli Bahasa dab kemudian di ujicobakan berdasarkan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan didapatkan hasil kevalidan produk dengan rata-rata persentase 83% dalam kategori “Sangat Valid”, kepraktisan produk dengan rata-rata 85,77% dalam kategori “Sangat Praktis” dan keefektifan dengan rata-rata 83% dalam kategori “Sangat Ffektif”.
References
Aprili, Isnani Sara., Supriatna, Eka & Triansyah Andika.2020.”Pengembangan Alat Blok Permainan Bola Voli”.Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Kantulistiwa.Vol.9 No 3 Tahun 2020.Pontianak: Program Studi Pendidikan Jasmani FKIP Untan Pontianak.
Gilang, A., & Zuliana. (2018). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Melalui Realistic Mathematic Education Berbantu Alat Peraga Bongpas.ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(1), 14-20.https://doi.org/10.24176/anargya.vlil.2280.
Talizaro Tafonao.(2018).Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan,2(2),103.
Winata, R., & Friantini, R.N.(2020). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Di Tinjau Dari Minat Belajar Dan Gender. Alphamath: Journal Of Mathematics Education, https.//doi.org/10.30595/alphamath.v6i1.7385.
Oktavia, D.N., Sutisnawati, A., & Maula, L. H. (2020). Analisis Minat Belajar Matematika Berbasis Daring. DIKDAS MATAPPA: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar, Vol, 3. No(September), 153-158.https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i2.425-434
Siregar, Hotmaida Lestari., Siregar, Yulia Pratiwi., & Hakim, Lukman. 2020. Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Auditory, Intelectually, Repetition (AIR) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. JURNAL MathEdu (Mattthhhematic Education Journal). Volume lll;Halaman 42-49.
Pebianto, A., & Zanthy, L. S. (2019). Analisis kemampuan Pemahaman matematis Siswa Ma. Journal On Education, 01(03), 48-51.
T Nurita, 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik Jurnal Misykat ISSN 2527-8371 Vol.3 No,1.
A Hamzah, 2019. Metode Penelitian dan Pengembangn Research & Development. Malang : Litersi Nusantara.
E Mulyatiningsih. (2013). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
YP angguntari jn (2019), Metode Penelitian R&D Dengan Model Pengembangan 4D, Surabaya kualiatif
JW Creswell (2012) Research Design pendekatan kualitatif, kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
LH Setyaningrum (2023) “Pengembangan Media Pembelajaran Ludo Untuk Materi Trigonometri SMA Kelas XI” Jurnal repository,uksw.edu.
TA Yolanda, Elvi Mailani (2023) yang berjudul “Pengembangan Media Pembelajaran Ludo Berbasis Team Games Tournament (TGT) Pada Materi Pecahan” Jurnal p-ISSN.
MY Amerta, Firda Zakiyatur Rofiah, Alfina Luk Luul Markhamah (2023) yang berjudul “ Pengembangan Media Papan Hitung Pada Mata Pelajaran Matematika SD” Jurnal ilmishcitrabakti.ac.id.
Lubis, R., Ahmad, M., & Ahmad, A. (2020). Pengembangan bahan ajar materi bangun datar dengan pendekatan pendidikan matematika realistic untuk membelajarkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. JURNAL MATHEDU (Mathematic Education Journal), 5(2), 83-95
Jakiah, N., Ahmad, M., & Ardiana, N. (2022). Pengembangan bahan ajar sistem persamaan linear dua variabel berbasis website untuk membelajarkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journsl), 5(3), 101-113
Siregar, E.Y., Holila, A., & Ahmad, M. (2020). Validitas perangkat pembelajaran dengan pendekatan konstektual dalam upaya meningkatkan kemampuan pemahaman konsep. Akademik, 9(2), 145-159