EFEKTIVITAS PENDEKATAN RESOURCE BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA DI KELAS XI SMA NEGERI 8 PADANGSIDIMPUAN

  • Nunik Ardiana INSTITUT PENDIDIKAN TAPANULI SELATAN
  • Rahmatika Elindra INSTITUT PENDIDIKAN TAPANULI SELATAN
  • Aulia Rifki Panjaitan institut pendidikan tapanuli selatan

Abstract

Pendekatan Pembelajaran Resource Based learning menekankan penggunaan berbagai sumber belajar untuk melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran, dengan tujuan utama mengembangkan kemampuan pemecahan masalah siswa. Pendekatan ini mendorong siswa untuk mengeksplorasi dan memanfaatkan berbagai sumber pembelajaran untuk menemukan solusi atas masalah yang mereka hadapi. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi efektivitas pendekatan pembelajaran Resource Based Learnng terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas XI di SMA Negeri 8 Padangsidimpuan. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen  dengan One-Group Pretest-Posttest Design. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas yang dipilih secara acak, dimana dalam design ini pertama diberikan suatu pretest baru diberikan perlakuan sehingga dengan design ini hasil akan lebih akurat. Instrumen yang digunakan adalah tes pemecahan masalah yang dikembangkan berdasarkan indikator kompetensi yang relevandengan kurikulum. Hasil analisis data menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam kemampuan pemecahan masalah siswa yang belajar menggunakan pendekatan Resource Based Learningdibandingkan dengan siswa yang menggunakan pendekatan konvensional. Temuan ini mengonfirmasi bahwa Resource Based Learning dapat menjadi pendekatan yang efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa. Implikasi dari penelitian ini adalah pentingnya pendekatan Resource Based Learning dalam konteks pembelajaran di sekolah untuk mendukung pengembangan keterampilan siswa secara holistik.

References

sugiyono,. 2014. Metode Penelitian Kombinasi (Mixwd Methods). Alfabeta, CV
Sugiyono. 2014. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung : Alfabeta, CV.
sugiyono. (2017). metode penelitian kuantitatif. bandung: alfabeta
yanti, c. (2023). penerapan model resource based learning upaya meningkatkan hasil belajar bahasa indonesia siswa kelas vi mi negeri 2 gowa. student research , 132.
yulia, p. (2020). efektivitas model pembelajaran resource based learning terhadap hasil belajar matematika siswa. Pendidikan Matematika , 25.
Published
2025-03-03
How to Cite
Ardiana, N., Elindra, R., & Panjaitan, A. (2025, March 3). EFEKTIVITAS PENDEKATAN RESOURCE BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA DI KELAS XI SMA NEGERI 8 PADANGSIDIMPUAN. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 8(1), 103-112. https://doi.org/https://doi.org/10.37081/mathedu.v8i1.6314