EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN MEANINGFUL INSTRUCTIONAL DESIGN (MID) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DI SMP N 9 PADANGSIDIMPUAN
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Meaningful Instructional Design (MID) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di SMP Negeri 9 Padangsidimpuan.sample penelitian diperoleh dengan menggunakan tekhnik simple random sampling yaitu kelas VIII-2 SMP Negeri 9 Padangsidimpuan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan jenis one group pretest posttest design. Data penelitian diperoleh dari hasil pengamatan keterampilan guru dengan menggunakan instrument tes berupa pretest dan posttest untuk siswa. Kemudian data penelitian ini dianalisis dengan statistic deskriptif dan statistik inferensial dengan menggunakan taraf signifikan 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Meaningful Instructional Design (MID) di kelas VIII-2 SMP N 9 Padangsidimpuan memperoleh nilai rata-rata 3,2. Maka nilai tersebut berada pada kategori “sangat baik”.Gambaran kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di kelas VIII-2 SMP N 9 Padangsidimpuan sebelum menggunakan model pembelajaran Meaningful Instructional Design (MID) diperoleh nilai rata-rata 54 berada pada kategori “kurang”, dan nilai tes akhir (posttest) diperoleh nilai rata-rata 81 berada pada kategori “sangat baik”.Penggunaan model pembelajaran Meaningful Instructional Design (MID) ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di kelas VIII-2 SMP N 9 Padangsidimpuan dapat dilihat dari lembar observasi sebesar 3,2 berada pada kategori “sangat baik”
References
Fauziah, R., & Puspitasari, N. (2022). Kesulitan belajar matematika siswa SMA pada pokok bahasan persamaan trigonometri di Kampung Pasanggrahan. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 325-334.
Harahap, E., Lubis, R., & Lubis, N. F. (2020, November 3). Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Creative Problem Solving Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Di Kelas Viii Smp Negeri 1 Padang Bolak Julu. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 3(3), 15 - 22. Retrieved from https://journal.ipts.ac.id/index.php/MathEdu/article/view/1855
Harahap, M., Ardiana, N., & Harahap, M. (2023, July 6). Efektivitas penggunaan model problem based learning(PBL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Di SMP N 9Padangsidimpuan. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 6(2), 74-82.
Judi, H. M., Husin, N. F., & Hanawi, S. A. (2022). Meaningful programming learning: A Student-Centered Technology Integration Model: Pembelajaran pengaturcaraan bermakna: Model Integrasi Teknologi Berpusatkan Pelajar. Jurnal Pendidikan Bitara UPSI, 15(1), 29-40.
La'ia, H. T., & Harefa, D. (2021). Hubungan kemampuan pemecahan masalah matematis dengan kemampuan komunikasi matematik siswa. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(2), 463-474.
Latifah, T., & Afriansyah, E. A. (2021). Kesulitan dalam kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi statistika. Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME), 3(2), 134-150.
Purnama, R., & Fadli, V. P. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Meaningful Instructional Design (MID) di SMP Negeri 5 Padangsidimpuan. Jurnal MathEdu (Mathematic Education Journal), 3(2), 15-18.
Rahmatiya, R., & Miatun, A. (2020). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau dari resiliensi matematis siswa SMP. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 5(2), 187-202.
Rambe, A. Y. F., & Afri, L. D. (2020). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dalam menyelesaikan soal materi barisan dan deret. AXIOM: Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 9(2), 175-187.
Siregar, S. (2013:2). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PrenaMedia Group.
Siregar, T. J. (2021). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis dan keterampilan sosial siswa SMP melalui pembelajaran Kooperatif tipe STAD. AXIOM: Jurnal Pendidikan dan Matematika, 10(1), 97-109.