ANALISIS KESALAHAN SISWA KELAS VIII SMP PADA MATERI STATISTIKA
Abstract
Kesalahan yang biasa dilakukan oleh siswa sering terjadi dalam pembelajaran yang ada di sekolah seperti saat menyelesaikan sebuah permasalahan khususnya pada materi statistika. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kesalahan siswa SMP kelas VIII pada materi Statistika. Sampell yang digunakan pada penelitian ini adalah Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Purwokerto berjumlah 5 orang siswa. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data penelitian yang diperoleh setelah dilakukan tes tertulis. Hasil penelitian yang dilakukan ini menunjukkan bahwa kesalahan yang siswa antara lain : siswa tidak menuliskan informasiyang diketahui dalam soal dan tidak menulis ulang permasalahan yang ada pada soal, siswa tidak menuliskan rumus untuk menjawab soal, siswa tidak menyelesaikan masalah dengan menggunakan tahap-tahap yang lengkap, serta terkadang siswa hanya menuliskan hasil akhir dai jawaban tanpa menuliskan kesimpulan.
References
Agustiva, W. O., Ndia, L., & Ikman. (2016). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Statistika (Studi Kualitatif pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Kendari). Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 4(1).
Aprilia, B., Kunci, K., & Analisis, : (2020). ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL STATISTIKA MTs KELAS VIII (Vol. 4, Issue 1).
Dwi Permata, I. (2021), & Kunci, K. (2021a). Seminar Nasional Paedagoria Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pada Materi Statistika SMP. Seminar Nasional Paedagoria, 68–79. http://journal.ummat.ac.id/index.php/fkip
Dwi Permata, I., & Kunci, K. (2021b). Seminar Nasional Paedagoria Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pada Materi Statistika SMP. http://journal.ummat.ac.id/index.php/fkip
Juliana, H. S., & Zanthy, L. S. (2020). Analisis Kesulitan Siswa MTs Kelas IX di Bandung Barat Dalam Menyelesaikan Soal Materi Statistika. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1). https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i1.172
M, I., Rukli, R., & Baharullah, B. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Menggunakan Metode Discovery Learning berbasis GRANDER di Sekolah Dasar. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 3(2). https://doi.org/10.33487/edumaspul.v3i2.147
Sugiyono. (2018). Prof. Dr. Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Prof. Dr. Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Wisesa, K. T., & Riajanto, M. L. E. J. (2022). ANALISIS KESALAHAN SISWA KELAS IX DALAM MENYELESAIKAN SOAL STATISTIKA KELAS VIII DI MASA PANDEMI COVID 19. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 5(2). https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i2.9528
Yusuf, Y., Titat, N., & Yuliawati, T. (2017). Analisis Hambatan Belajar (Learning Obstacle) Siswa SMP Pada Materi Statistika. AKSIOMA, 8(1). https://doi.org/10.26877/aks.v8i1.1509