IMPLEMENTASI PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN APLIKASI WEB UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS

  • Eva - Fitriana Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Fitrianto Eko Subekti Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Budi - Priyanto SMK Muhammadiyah 3 Purwokerto
Keywords: Problem Based Learning, Penalaran Matematis, Peluang

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan yaitu meningkatkan kemampuan penalaran matematis peserta didik melalui penerapan pembelajaran Problem Based Learning. Metode penelitian ini termasuk ke dalam penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan tiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek untuk penelitian adalah peserta didik kelas XI jurusan Farmasi Klinis dan Komunitas (FKK) sebanyak 17 orang di SMK Muhammadiyah 3 Purwokerto. Peserta didik diberikan tes pada setiap akhir siklus untuk mengukur kemampuan penalaran matematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika melalui penerapan Problem Based Learning berbantuan aplikasi web dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematis dari pra penelitian sebesar 35,49; siklus I 56,71 mendai 81,11 pada siklus II. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran dengan menerapkan model Problem Based Learning berbantuan aplikasi web dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematis peserta didik.

References

Ariati, C., & Juandi, D. (2022). Kemampuan Penalaran Matematis: Systematic Literature Review. Jurnal Lemma, 8(2), 61–75. https://doi.org/10.22202/jl.2022.v8i2.5745
Marasabessy, R. (2021). Study of Mathematical Reasoning Ability for Mathematics Learning in Schools: A Literature Review. Indonesian Journal of Teaching in Science, 1(2), 79–90. https://doi.org/10.17509/ijotis.v1i2.37950
Mardiyah, I., Suhito, S., & Safa’atullah, M. F. (2018). Analysis of Mathematical Reasoning Ability of Junior High School Students of Grade VII Viewed from Cognitive Style on Problem Based Learning with Mind Mapping. Unnes Journal of Mathematics Education, 7(2), 122–128. https://doi.org/10.15294/ujme.v7i2.24883
Romadhina, D., Junaedi, I., & Masrukan. (2019). Kemampuan penalaran matematis peserta didik kelas VIII SMP 5 Semarang. Seminar Nasional Pascasarjana UNNES, 547–551.
Sukirwan, Darhim, D., & Herman, T. (2018). Analysis of students’ mathematical reasoning. Journal of Physics: Conference Series, 948(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/948/1/012036
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. (2003). https://jdih.kemdikbud.go.id/sjdih/siperpu/dokumen/salinan/UU_tahun2003_nomor020.pdf
Published
2024-11-11
How to Cite
Fitriana, E., Subekti, F., & Priyanto, B. (2024, November 11). IMPLEMENTASI PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN APLIKASI WEB UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 7(3), 58-61. https://doi.org/https://doi.org/10.37081/mathedu.v7i3.6398