EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI KEMAMPUAN NUMERIK SISWA

  • Erdian . Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Teguh Wibowo
  • Wharyanti Ika Purwaningsih

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kemampuan pemecahan masalah dengan model pembelajaran flipped classroom lebih baik dari kemampuan pemecahan masalah dengan model konvensional, untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis pada kemampuan numerik tingkat tinggi, sedang dan rendah, serta apakah terdapat interaksi model pembelajaran dan kemampuan numerik terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis.Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Karanggayam. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling. Kelas yang digunakan sebagai sampel adalah kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan tes. Dokumentasi dilakukan untuk mengambil nilai yang digunakan untuk analisis awal yaitu uji normalitas sebelum perlakuan, uji homogenitas sebelum perlakuan, dan uji keseimbangan. Tes dilakukan untuk memperoleh data yang digunakan untuk uji lanjutan, yaitu uji normalitas setelah perlakuan, uji homogenitas setelah perlakuan dan uji anava dua jalan dengan sel tak sama.Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kemampuan penyelesaian masalah yang dikenai model pembelajaran flipped classroom lebih baik dari model pembelajaran konvensional, terdapat perbedaan emampuan pemecahan masalah matematis pada kemampuan numerik tingkat tinggi, sedang dan rendah, serta tidak terdapat interaksi model pembelajaran dan kemampuan numerik terhadap kemampuan pemecahan masalah matem

References

Arikunto, S. 2013. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan Edisi kedua. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Arikunto. 2015. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Bane, J. 2014. Flipped by Design. Ohio: The Ohio State University.
Budiyono. 2016. Statistika Dasar untuk Penelitian. Surakarta: FKIP UNS Press
Cahya, P. D. M., Aryana, I. B. P, & Dantes, N. Pengembangan Instrumen Kemampuan Numerik dan Hasil Belajar Matematika Materi Pengolahan Data Siswa Kelas V SD. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia. Vol. 4, No. 2.
Cevikbas, M. & Kaiser, G. 2022. Student Engagement in a Flipped Secondary Mathematics Classroom. International Journal of Science and Mathematics Education. Universität Hamburg. Vol. 20. https://doi.org/10.1007/s10763-021-10213-x. (diakses pada 11 Desember 2022)
Fredikson, H. 2021. Exploring Realistic Mathematics Education in a Flipped Classroom Context at the Tertiary Level. International Journal of Science and Mathematics Education. Vol. 19, No. 2.
KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia). 2022. Kamus versi online/daring (Dalam Jaringan). https://kbbi.web.id/didik (diakses pada 29 Januari 2023)
Kemendikbud.go.id. 2019. Hasil PISA Indonesia 2018: Akses Makin Meluas, Saatnya Tingkatkan Kualitas. Jakarta. Biro Komunikasi dan Layanan Masyarakat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Melindarwati, T. & Munandar, D. R. 2022. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Smp Dalam Menyelesaikan Materi Bilangan Bulat. Jurnal Theorems (The Original Reasearch Of Mathematics. Universitas Singaperbangsa Karawang. Vol. 7, No. 2.
NCTM. 2000. Principles and Standards for School Mathematics. United States of America : The National Council of Teachers of Mathematics, Inc.
Ngalimun. 2018. Evaluasi dan Penilaian Pembelajaran. Yogyakarta: Dua Satria Offset.
Nur, S., & Kartini, K. 2021. Analisis Kemampuan Pemahaman dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas X Materi Persamaan Pertidaksamaan Nilai Mutlak. PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika. Universitas Riau. Vol. 10, No. 1.
Nurhayati, E., Mulyana, T., & Martadipura, B. A. P. 2016. Penerapan Scaffolding untuk Pencapaian Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika. Vol. 2, No. 2.
Polya. G. 1973. How to Solve It: A New Aspect of Mathematical Method (Seconded). New Jersey: Princeton University Press.
Rosida, H., Sunarno, W., & Supurwoko. 2012. Hubungan Antara Kemampuan Awal dan Kemampuan Numerik dengan Hasil Belajar Fisika Siswa SMP. Journal of Technology of Education. Vol. 13, No.2.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Widoyoko, E. P. 2017. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Yarmayani, A. 2016. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Kota Jambi. Jurnal Ilmiah Dikdaya, Vol.6, No. 2.
Published
2024-11-11
How to Cite
., E., Wibowo, T., & Purwaningsih, W. (2024, November 11). EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI KEMAMPUAN NUMERIK SISWA. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 7(3), 47-57. https://doi.org/https://doi.org/10.37081/mathedu.v7i3.6484