PENGARUH POWTOON BERBASIS CTL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMP PADA ARITMATIKA ALJABAR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh penggunaan Powtoon berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap hasil belajar siswa SMP pada topik operasi hitung aljabar. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi-eksperimen dengan desain Pre-test-Post-test dengan kelompok kontrol Non-ekuivalen. Riset ini melibatkan 60 siswa, dengan 32 siswa di kelas VII-1 sebagai kelas eksperimen dan 28 siswa kelas VII-2 berperan sebagai kelas kontrol. Siswa di kelas eksperimen mengimplementasikan Animasi Powtoon berbasis CTL sebagai media pembelajaran, sedangkan kelas kontrol menerapkan pendekatan konvensional. Hasil analisis data dengan Uji Mann-Whitney (Wilcoxon Rank-Sum Test) menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara kedua kelompok (, ). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan Powtoon berbasis CTL efektif dalam meningkatkan motivasi dan pemahaman siswa terhadap materi operasi hitung aljabar.
References
Birahi, M., Wattimena, A. Z., Lewaherilla, N., & Latupeirissa, S. J. (2022). Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (Ctl) Terhadap Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Uji Mann Whitney dan Wald Wolfowits. Parameter: Jurnal Matematika, Statistika dan Terapannya, 1(1), 59-68.
Chofifah, U. N., & Setiawan, B. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) Berbantuan Video Animasi Powtoon Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII di MTsN 7 Tulungagung. Dewantara: Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 3(3), 40-61.
Dewi, F. F., & Handayani, S. L. (2021). Pengembangan media pembelajaran video animasi en-alter sources berbasis aplikasi powtoon materi sumber energi alternatif sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2530-2540.
Hastjarjo, T. D. (2019). Rancangan Eksperimen-Kuasi. Buletin Psikologi, 27(2), 187. https://doi.org/10.22146/buletinpsikologi.38619
Hudoyo, H. (1988). Belajar Matematika. Jakarta: LPTK.
Kurino, Y. D. (2018). Problem Solving dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Operasi Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 4(1), 56–65.
Lestari, W. P., Ningsih, E. F., Choirudin, C., Sugianto, R., & Lestari, A. S. B. (2023). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas, 1(1), 28-33.
Ningrum, S. S., Siregar, B. H., & Panjaitan, M. (2023). Pengembangan LKPD digital interaktif dengan pendekatan matematika realistik (PMR) untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pada materi aritmatika sosial kelas VII. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 766-783.
Pertiwi, N. D., & Sudrajat, A. (2022). Volume : 8 Bulan : Februari Tahun : 2022 Volume : 8 Nomor : 1 Bulan : Februari Tahun : 2022. Jurnal Ideas, 8(1), 191–196.
Siregar, B. H., Panjaitan, A., Hasratuddin, H., Kairuddin, K., Mulyono, M., & Rahman, A. A. (2024). Digital Media Innovation Based on Multimedia Cognitive and Constructivist Theory in a Cultural Context: Encouraging Students' Higher Order Thinking Skills. JTAM (Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika), 8(1), 269-284.
Sri, Y. N., & Suci, A. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Inside Outside Circle Terhadap Pemahaman Konsep Siswa. Matematics Education and Science, 2(2), 88–94.
Tafonao, T. (2018). Peranan media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar mahasiswa. Jurnal komunikasi pendidikan, 2(2), 103-114.\
Thesarah, R. H., Subagiyo, L., & Qadar, R. (2021). Penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis audiovisual dengan aplikasi powtoon untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa pada materi impuls dan momentum di SMK Negeri 6 Samarinda. Jurnal Kajian Pendidikan IPA, 1(1), 31.
Qurrotaini, L., Sari, T. W., Sundi, V. H., & Nurmalia, L. (2020, December). Efektivitas penggunaan media video berbasis powtoon dalam pembelajaran daring. In Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ (Vol. 2020).
Wiryani, P. A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Website Canva pada Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Sejarah di Sekolah Menengah Atas. Edufortech, 6(1).