PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA

  • Veri Pramudia Fadli STKIP Padang Lawas
  • Atika Ruri STKIP Padang Lawas
  • Sundut Azhari Hasibuan STKIP Padang Lawas
Keywords: Pengembangan, Bahan Ajar, Pemecahan Masalah, PjBL

Abstract

               Rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas XI di SMK N 1 BARUMUN karena kurangnya motivasi belajar yang disebabkan karena proses pembelajaran yang dilakukan kurang bervariatif dan kurangnya bahan ajar, metode pembelajaran yang digunakan masih konvensional (ceramah). Penyebab lainnya yaitu siswa hanya mampu menyelesaikan soal yang sejenis yang diberikan oleh guru. Namun, jika soal sudah beragam, siswa tidak lagi memahami soal karena siswa tidak dapat memahami isi yang tercakup dalam masalah, sulit bagi siswa untuk merencanakan langkah selanjutnya dan bagaimana menyelesaikan masalah yang sesuai dengan langkah-langkah dan indikator pemecahan masalah. Kemampuan pemecahan masalah siswa juga masih kurang baik dengan persentase kelulusan siswa dalam pretest sebesar 30%. Sehingga dalam upaya meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa salah satunya dengan pengembangan bahan ajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengembangan bahan ajar matematika menggunakan model PjBL untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di SMK N 1 Barumun. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D). Dengan menggunakan model pengembangan 4D. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Kevalidan bahan ajar mendapatkan nilai sebesar 75,81% berada pada kategori “valid”. Kepraktisan bahan ajar mendapatkan nilai sebesar 92,29% berada pada kategori “Sangat Praktis”. Keefektifan bahan ajar mendapatkan nilai sebesar 84,56% berada pada kategori “Sangat Efektif”. (2) Bahan ajar menggunakan model PjBL yang dikembangkan dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sebesar 56,66%.

References

Fadillah, A., N. & Haerudin. 2022. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas IX Pada Materi SPLDV Berdasarkan Tahapan Polya. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif. Volume 5, No. 4, Juli 2022.
Hardiningsih, E., F., dkk. 2023. Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Statistika Matematika Siswa SMKN 2 Mataram. Reflection Journal, Juni 2023 Vol.3, No.1.
Kholifah, U., dkk. 2021. Analisis Soal Matematika Ujian Akhir Semester Ganjil Ditinjau Dari Aspek Kognitif Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 13 Mukomuko Tahun Ajaran 2019/2020. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS). Volume 5, No. 1, April 2021, pp : 99-110.
Manalu, E., dkk. 2020. Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Di Kelas VIII SMP Negeri 9 Padangsidimpuan. Jurnal MathEdu (Mathematic Education Journal). Vol. 3 . No. 2 Juli 2020.
Okpatrioka. 2023. Research And Development (R&D) Peneliti Yang Inovatif Dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan, Bahasa dan Budaya. Vol.1, No.1 Maret 2023. Hal 86-100.
Rahmatia, D., dkk. 2022. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web pada Materi Tanah dan Keberlangsungan Kehidupan Menggunakan Metode Demostrasi untuk Kelas IX. Computer Science Education Journal (CSEJ). Vol.2, No.1, Juni 2022, hlm. 33-43.
Razak, A., dkk. 2023. Pengembangan Bahan Ajar E-Modul Dengan ADDIE Berbasis FLIPPDF Profesional Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung Kelas IX SMP Jambi Medan.
Riyanto, N., A. & Amidi. 2023. Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dalam Model Pembelajaran Conneting, Organiizing, Reflecting, Extending ( CORE ). PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika
Safenita, N., dkk. 2023. Pengembangan LKPD Berbasis Project Based Learning (PjBL) pada Materi Segiempat dan Segitiga di Kelas VII SMP. Jurnal Karya Pendidikan Matematika Vol 10 No 2 Tahun 2023.
Saniapon, F., dkk. 2021. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VIII SMP Nasional Banau Kota Ternate Pada Materi Lingkaran. Jurnal Pendidikan Guru Matematika. Vol. 1, No. 2, Mei 2021.
Saputri, D., dkk. 2023. Lembar Validasi: Instrumen yang Digunakan untuk Menilai Produk yang Dikembangkan pada Penelitian Pengembangan Bidang Pendidikan. Biologi And Education Journal. Vol 3 No.2 Tahun 2023 Hal 133-151.
Saputri, K., dkk. 2022. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Project Based Learning pada Pokok Bahasan Segitiga. Jurnal Equation, Volume 5 Nomor 2, September 2022.
Susnariah. U. 2020. Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Melalui Pembelajaran Matematika Realistik. Jurnal Educatio FKIP UNMA, Volume 6, No. 1, June 2020, pp. 162-170.
Sutrisna, G., B., B., dkk. 2019. Model Project Based Learning Berlandaskan Tri Hita Karana Berpengaruh Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS. Jurnal Adat dan Budaya. Vol.1, No.2, Tahun 2019, pp. 84-93.
Ulfa, Y., L., dkk. 2022. Kemampuan Pemecahan Msalah Matematis Siswa SMA pada Materi Jarak pada Bangun Ruang. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, Volume 11, Nomor 3, September 2022.
Published
2024-11-11
How to Cite
Fadli, V., Ruri, A., & Azhari Hasibuan, S. (2024, November 11). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 7(3), 113-126. https://doi.org/https://doi.org/10.37081/mathedu.v7i3.6618