PENGEMBANGAN PERMAINAN EDUKASI KRIPTOGRAFI MENGGUNAKAN RPG MAKER MZ

  • Rinto Manik Raja UNIVERSITAS NEGERI MEDAN
  • Agnes Margareta Nainggolan Universitas Negeri Medan
  • Debora Elssaday Naibaho Universitas Negeri Medan
  • Dinda Kartika Universitas Negeri Medan
Keywords: Kriptografi, Game Edukasi, RGP Maker MZ, Media Pembelajaran, Metode ADDIE

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan permainan edukasi berbasis RPG Maker MZ dalam menyampaikan konsep dasar kriptografi sebagai media pembelajaran interaktif. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE, yang meliputi tahap analisis, perancangan, pengembangan, dan evaluasi. Permainan ini menggabungkan alur cerita menarik dan teka-teki kriptografi untuk membantu pemain memahami konsep kriptografi. Permainan edukasi yang dikembangkan berhasil menggabungkan alur cerita menarik dan tantangan kriptografi dengan cara yang lebih interaktif dan mudah. Evaluasi internal memastikan bahwa permainan berjalan sesuai rancangan, baik dari segi desain, mekanisme permainan, maupun penyampaian materi edukasi. Penelitian ini merekomendasikan penggunaan RPG Maker MZ sebagai platform alternatif dalam pengembangan media pembelajaran matematika yang inovatif dan menarik.

References

Alfinggar,S., dan Prasetya,A.(2021).Pengembangan Game Edukasi Menggunakan RPG MAKER MV Pada Materi Tata Surya Di MTS Darul Hikmah.Jurnal of Education and Information Communication Technology.5,(2),40-48.STKIP PGRI Tulungagung,Tulungagung.
Amalya,N.,Silalahi,S.M.S.,Nasution,D.F.,Sari,M., dan Gunawaan,I. (2023).Kriptografi dan Penerapannya Dalam Sistem Keamanan Data. Jurnal Media Informatika.4,(2),90-93.Sistem Informasi Komputer dan Teknologi,Medan.
Asiani,R.W. dan Yanti,I.(2022).Penerapan Kriptografi Caesar Chiper dan Hill Cipher Dalam Pengiriman Pesan Rahasia Sebagai Media Pembelajaran Matematika Realistik Pada Materi Modulo.Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi.6,(1),79-97.UIN STS Jambi,Jambi.
Clark, R. C., & Mayer, R. E. (2016). E-Learning and the Science of Instruction: Proven Guidelines for Consumers and Designers of Multimedia Learning. Wiley.
Fikriah,N.A., dan Fiangga,S.(2023).Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Game Edukasi Menggunakan RPG MAKER MZ Pada Materi Sistem Persamaan Linear.Prosiding Seminar Nasional Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat.234-250.Unversitas PGRI Pontianak,Pontianak.
JudhiePutra,R.R., dan Anisa,I.N.(2024).KRIPTOGRAFI Penerapan Dalam Keamanan Transaksi Komersial. Indonesia Emas Group:Indonesia
Muni,A.,Kasmawati.,Ramadhan,A.,dan Alkarim,M.F.(2024).Kriptografi Untuk Keamanan Sistem Informasi.IKAPI:Depok
Nuraminudin,M.,Astuti,I.A.,dan Susanto,S.A. (2022). Pengembangan Game Math Story Problems Menggunakan RPG Maker MZ untuk Anak 4-7 Tahun.Edu Komputika Journal.9,(2),97-104.Universitas Negeri Semarang,Semarang.
Putra,L.A.(2019).Pengembangan Media Pembelajaran Edugame Adventure Berbasis RPG Maker Pada Mata Pelajaran Plc Di SMK Negeri 1 Driyorejo.Jurnal Pendidikan Teknik Elektro.8,(3),341-348.Universitas Negeri Surabaya,Surabaya.
Ramadhan,K.,Astuti,L.W., dan Verano,D.A.(2015). Game Edukasi Tebak Gambar Bendera Negara Menggunakan Metode Linear Congruential Generator (LCG) Berbasis Android. Jurnal Informatika Global. 6, (1), 27-32.Universitas Indo Global Mandiri,Palembang.
Setiawan., Astuti,I.F., dan Khairina,D.M. (2014). Rancang Bangun Game Edukasi Berbasis Android Tebak Lagu Nusantara: Senara. Jurnal Informatika Mulawarman. 9, (2), 24-30.Universitas Mulawarman,Samarinda.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta:Bandung
Sutopo, H. B., & Suryanto, M. (2015). Metodologi Penelitian Kualitatif: untuk Ilmu-Ilmu Sosial dan Humaniora. Universitas Sebelas Maret Press:Surakarta
Published
2025-03-03
How to Cite
Raja, R., Nainggolan, A., Naibaho, D., & Kartika, D. (2025, March 3). PENGEMBANGAN PERMAINAN EDUKASI KRIPTOGRAFI MENGGUNAKAN RPG MAKER MZ. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 8(1), 19-30. https://doi.org/https://doi.org/10.37081/mathedu.v8i1.6768