Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Canva
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media canva pada materi bentuk aljabar. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang diberikan terhadap 15 orang siswa kelas VII-A di MTs Al Mabrur Bone Raya sebagai subjek penelitian. Penelitian terlaksana sebanyak dua siklus dengan mengikuti tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui instrumen lembar observasi dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan hasil belajar matematika siswa melalui pembelajaran problem based learning berbantuan media canva. Hal ini diperoleh sesudah diterapkan tindakan lanjutan untuk perbaikan proses belajar mengajar pada siklus II. Hasil penelitian menunjukkan observasi seluruh aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran memperoleh minimal aspek baik dan sangat baik, observasi seluruh aktivitas siswa memperoleh minimal aspek baik dan sangat baik, dan hasil belajar matematika siswa juga memperoleh peningkatan sebesar 30% menjadi 86,67% siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimal pada materi bentuk aljabar.
References
Anggraeni, E. D., Kriswandani, Deswita, Y., & Robithoh, S. (2023). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Powerpoint Interaktif Terintegrasi Geogebra Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Lebesgue: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 4(1), 432–445.
Arham, Zakaria, P., Katili, N., & Damayanti, T. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Materi Matriks Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT. JAMBURA JOURNAL OF MATHEMATICS EDUCATION, 4(2), 148–157.
Aswina, Ismail, Y., Katili, N., & Majid. (2023). Penerapan Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Bentuk Aljabar. JEMS (Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains), 11(2), 501–507.
Azzahra, D. M., Putra, B. Y. G., & Rahman, T. (2023). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMA Melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Canva. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 8(1), 146–158.
Baid, N., Hulukati, E., Usman, K., & Zakiyah, S. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa pada Materi Aritmetika Sosial. EULER: Jurnal Ilmiah Matematika, Sains Dan Teknologi, 10(2), 164–172.
Festiawan, R. (2020). Belajar dan Pendekatan Pembelajaran. In Universitas Jenderal Soedirman (pp. 1–17).
Fianingrum, F., Novaliyosi, & Nindiasari, H. (2023). Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Matematika. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(1), 132–137.
Fidyarini, L., Zairina, N., Supaini, Parhan, & Pala, N. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Canva. JUSTEK : Jurnal Sains Dan Teknologi, 7(1), 75–81.
Gompi, M., Bito, N., & Isa, D. R. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining Terhadap Hasil Belajar Sisiwa Pada Materi Bentuk Aljabar. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 06(03), 3287–3295.
Hartatik, S. (2022). Penerapan Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Peserta Didik Sesuai Kurikulum Merdeka. VOCATIONAL : Jurnal Inovasi Pendidikan Kejuruan, 2(4), 335–346.
Irani, I. D. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Di SMP Negeri 4 Merangin. LINGGAU JOURNAL SCIENCE EDUCATION, 3(2), 26–36.
Irawati, I. (2020). Application of The Problem Based Learning (PBL) Learning Model Improves Students’ Cooperation Attitude. SHEs: Conference Series, 3(3), 2209–2215.
Irfah, A., & Rahmah, N. (2017). Pendekatan Problem Posing Berbasis Teori Polya. Kelola: Journal of Islamic Education Management, 2(2), 143–153.
Ismail, S. M., Zakaria, P., & Isa, D. R. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Materi Relasi Dan Fungsi. JAMBURA JOURNAL OF MATHEMATICS EDUCATION, 4(1), 81–87.
Laknasa, D. P. A., Abdullah, A. W., Pauweni, K. A. Y., Usman, K., & Kaluku, A. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Pembelajaran Multimedia Interaktif Dengan Model Discovery Learning. EULER: Jurnal Ilmiah Matematika, Sains Dan Teknologi, 9(2), 103–108.
Maesari, C., Marta, R., & Yusnira. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Dasar. JOURNAL ON TEACHER EDUCATION, 1(1), 92–102.
Marina, Nurdiana, & Saleh, A. R. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantukan Media Power Point untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 5(2), 1042–1047.
Oktaviani, U., Kumawati, S., Apriliyani, M. N., Nugroho, H., & Susanti, E. (2020). Identifikasi Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Matematika Peserta Didik di SMK Negeri 1 Tonjong. MATH LOCUS: Jurnal Riset Dan Inovasi Pendidikan Matematika Vol., 1(1), 1–6.
Pardede, N., Pangaribuan, F., & Tambunan, H. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Canva Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Peserta Didik di SMKN 8 Medan. SEPREN: Journal of Mathematics Education and Applied, 05(01), 41–46.
Pauweni, K. A. Y., & Iskandar, M. E. B. (2020). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Model Problem-Based Learning Pada Materi Bilangan Pecahan. EULER: Jurnal Ilmiah Matematika, Sains Dan Teknologi, 8(1), 23–28.
Puspitasari, I. A., Azainil, & Basir, A. (2022). Penggunaan Media Pembelajaran Dalam Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, Universitas Mulawarman, 2, 75–92.
Tanjung, R. E., & Faiza, D. (2019). anva Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik Dan Elektronika. VOTEKNIKA: Jurnal Vokasi Teknik Elektronika Dan Informatika, 7(2), 79–85.
Usman, T. A., Usman, K., Zakiyah, S., Abdullah, A. W., Kaluku, A., & Oroh, F. A. (2021). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa pada Materi Aritmatika Sosial di SMP Negeri 2 Limboto. Irfani: Jurnal Pendidikan Islam, 17, 146–156.
Wusananto, T., Faiziyah, N., & Wahyuningsih, E. A. (2022). Penerapan Model PBL Berbasis PPT Berbantuan Soal Cerita Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Siswa. JPTP: Jurnal Penelitian Tindakan Pendidikan, 1(1), 36–49.