PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA

  • Dita Indah Dwi Safitri Universitas Negeri Gorontalo
  • Evi Hulukati Universitas Negeri Gorontalo
  • Nursiya Bito Universitas Negeri Gorontalo
Keywords: Problem Based Learning, Penalaran Matematis

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah guna meneliti bagaimana model pembelajaran Problem Based Learning mempengaruhi kemampuan penalaran matematis siswa pada materi aljabar kelas VII SMP Negeri 1 Kabila. Penelitian ini berlangsung selama bulan November-Desember semester ganjil 2024/2025. Kajian ini menggunakan metode eksperimen yang mencakup 2 kelas yaitu kelas eksperimen serta kelas kontrol. Simple random sampling digunakan dalam memilih sampel. Penelitian ini menerapkan Pretest-Posttest Control Grup Design. Data dikumpulkan berupa tes tertulis dengan pre-test juga post-test. Hasil  penelitian memperlihatkan bawa hasil  sebesar 2,063 serta  2,010 dalam taraf signifikansi  karena  sehingga tolak  dan terima . Maka bisa disimpulkan model pembelajaran Problem Based Learning mempengaruhi kemampuan penalaran matematis siswa.

References

Apriani, K., Nurhikmayati, I., & Jatisunda, m. G. (2020). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMA Melalui Problem Based Learning. Didactical Mathematics, 2(2), 01. https://doi.org/10.31949/dmj.v2i2.2073
Farida, A. R., Caswita, & Gunawibowo, P. (2018). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Unila, 6, 644–654.
Hermansyah. (2020). Problem Based Learning in Indonesian Learning. Social, Humanities, and Educations Studies (SHEs): Conference Series, 3(3), 2257–2262. https://jurnal.uns.ac.id/shes
Jufrin, J., Isa, D. R., Nurwan, Majid, Bito, N., & Zakiah, S. (2023). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Model Problem Based Learning Materi Operasi Bentuk Aljabar. Innovative: Journal of Social Science Research, 3, 12145–12154. http://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/1838%0Ahttps://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/download/1838/1351
Julyasary, J., Dwi, T., & Dina, N. (2024). Pengaruh Problem Based Learning ( PBL ) Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa pada Materi Bentuk Aljabar di SMP PGRI 1 Palembang. AR RUMMAN- Journal of Education and Learning Evaluation, 1(2), 674–677.
Khaerani, Ismail, S., & Oroh, F. A. (2022). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Peserta Didik Pada Materi Prisma. Euler : Jurnal Ilmiah Matematika, Sains Dan Teknologi, 10(2), 153–163. https://doi.org/10.34312/euler.v10i2.16341
Khaeroh, A., Anriani, N., & Mutaqin, A. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis. Tirtamath : Jurnal Penelitian Dan Pengajaran Matematika, 2(1), 73–85.
Khairani, M., Sukmawati, & Nasrun. (2023). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEAMPUAN PENALARAN DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN 1 KABUPATEN PANGKEP. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(1), 429. https://doi.org/10.35931/am.v7i1.1885
Kolo, E., Nahak, S., & Disnawati, H. (2021). Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Aritmetika Sosial. RANGE: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 115–122. https://doi.org/10.32938/jpm.v2i2.698
Nosva, A. Y., Ismail, D., & Evi, H. (2019). Pengaruh Pendekatan Kontekstual Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Ditinjau dari Gaya Kognitif Peserta Didik. Jambura Journal of Mathematics, 2(1), 30–38.
Pauweni, K. A. Y., & Iskandar, M. E. B. (2021). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Model Problem-Based Learning Pada Materi Bilangan Pecahan. Euler : Jurnal Ilmiah Matematika, Sains Dan Teknologi, 8(1), 23–28. https://doi.org/10.34312/euler.v8i1.10372
Usman, T. A., Usman, K., Zakiyah, S., Abdullah, A. W., Kaluku, A., & Oroh, F. A. (2021). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Pada Materi Aritmatika Sosial Di Smp Negeri 2 Limboto. IRFANI: JURNAL PENDIDIKAN ISLAM, 17(2), 146–156. https://doi.org/10.30603/ir.v17i2.2243
Published
2025-03-03
How to Cite
Safitri, D., Hulukati, E., & Bito, N. (2025, March 3). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 8(1), 42-50. https://doi.org/https://doi.org/10.37081/mathedu.v8i1.6971