Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Terhadap Kemampuan Numerasi Siswa Kelas VII SMP Negeri Momalia
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) berbantuan media permainan berburu ubur-ubur terhadap kemampuan numerasi siswa pada materi aljabar. Metode penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah pretestposttes kontrol group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri Momalia tahun ajaran 2023/2024 yang berjumlah 100 orang dan tersebar di 4 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling terpilih kelas VII-D sebagai kelas eksperimen dan VII-B sebagai kelas kontrol. Dengan teknik pengumpulan data yaitu pemberian tes kemampuan numerasi berbentuk essay. Analisis inferensial dilakukan dengan menggunakan uji ANAKOVA. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) berbantuan media permainan berburu ubur-ubur terhadap kemampuan numerasi matematika siswa
Kata Kunci : Teams Games Tournamen (TGT), Numerasi, media bermain berburu ubur-ubur
References
Arofa, A. N., & Ismail, I. (2022). Kemampuan Numerasi Siswa MA dalam Menyelesaikan Soal Setara Asesmen Kompetensi Minimum pada Konten Aljabar. MATHEdunesa, 11(3), 779–793. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v11n3.p779-793
Ekowati, D. W., Astuti, Y. P., Utami, I. W. P., Mukhlishina, I., & Suwandayani, B. I. (2019). (Elementary School Education Journal) Literasi Numerasi di SD Muhamadiyah. ELSE (Elementary School Educatio Journal), 3(4), 93–103.
Ismiyana Novida. (2024). Efektivitas Media Konkret Jellyfish Matematika Terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Kelas 1 Materi Pengurangan Sd Negeri Tawangmas 01 Semarang. JurnalPenelitianPembelajaranMatematika(JP2MS), 8(2), 242–249.
Kobandaha, P. E., Tonra, W. S., & Anam, A. C. (2022). Development of Digital Media and Ludo Eksponen To Improve Learning Outcomes of Grade Ix Junior High School Students. Alifmatika: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 4(1), 99–108. https://doi.org/10.35316/alifmatika.2022.v4i1.99-108
Kue, H. A., Badu, S. Q., Resmawan, R., & Zakiyah, S. (2022). Deskripsi Hasil Belajar Matematika Siswa di SMP Muhammadiyah Tolangohula. Research in the Mathematical and Natural Sciences, 1(1), 39–46. https://doi.org/10.55657/rmns.v1i1.8
Rusmiati, R., Abbas, N., & Usman, K. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Bilangan Pecahan. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 1345–1353. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i2.2045
Sholichati Nafisah, atu, & Dewi Utami, A. (2024). Pengembangan Media Permainan Ubur-Ubur Dalam Menunjang Pembelajaran Kooperatif Tipe Tgt Untuk Mendukung Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik. 4(8), 2024. https://doi.org/10.17977/um065.v4.i8.2024.1
Solihat, S., & Sutirna, S. (2023). Studi Literatur: Meningkatkan Hasil Belajar Matematika dengan Model Kooperatif Tipe Teams Games Tournament. Radian Journal: Research and Review in Mathematics Education, 2(2), 83–92. https://doi.org/10.35706/rjrrme.v2i2.8810
Surialin, S., Pomalato, S. W., & Machmud, T. (2021). Analisis Kesulitan Siswa Menyelesaikan Soal Matematika Materi Vektor Kelas X SMA Terpadu Wira Bhakti. Media Pendidikan Matematika, 9(2), 43. https://doi.org/10.33394/mpm.v9i2.4457
Takaendengan, B. R., & Takaendengan, W. (2024). Efektivitas Model Cooperative Learning Type Talking Stick Ditinjau Dari Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Smp Kelas Vii Pada Materi Persamaan Linear. 7(1), 2766–2774.
Une, D. F., Pomalato, S. W. D., & Machmud, T. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jambura Journal of Mathematics Education, 4(1), 11–23. https://doi.org/10.34312/jmathedu.v4i1.18206
Authors who publish with this journal retain copyright to their articles. However, they grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.