Problematika Berpikir Kreatif siswa Sekolah Dasar pada materi Pola Bilangan
Abstract
Berpikir kreatif adalah keterampilan esensial dalam pembelajaran matematika karena memungkinkan siswa mengeksplorasi berbagai solusi dan menyelesaikanmasalah dari berbagai sudut pandang. Akan tetapi, kenyataannya masih banyak siswa sekolah dasar yang mengalami kesulitan dalam berpikir kreatif, khususnyasaat menghadapi soal matematika berbasis pola bilangan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan mendeskripsikan problematika berpikir kreatif siswa kelas IV SD dalam menyelesaikan soal pola bilangan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptifkuantitatif dengan subjek sebanyak 10 siswa kelas IV SD Negeri 01 Beluk yang dipilih melalui teknik random sampling. Kriteria pemilihan subjek mencakup siswa yang telah mempelajari materi pola bilangan dan bersediamengikuti tes berpikir kreatif. Instrumen yang digunakan berupa tes tertulis yang dirancang berdasarkan indikatorberpikir kreatif menurut Torrance, yaitu kelancaran, kelenturan, elaborasi, dan orisinalitas. Data dikumpulkanmelalui pemberian soal pola bilangan, kemudian dianalisis secara deskriptif dengan melihat distribusifrekuensi tiap kategori kemampuan berpikir kreatif. Hasil analisis menunjukkan bahwa hanya 2 siswa yang mencapai tingkat berpikir sangat kreatif, sedangkansebagian besar siswa berada pada kategori cukup kreatifhingga tidak kreatif. Permasalahan yang ditemukanmeliputi kesulitan mengenali pola, ketidakteraturan dalam menyampaikan strategi penyelesaian, serta rendahnyakemampuan elaborasi dan justifikasi logis. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kemampuan berpikir kreatif siswa masih rendah dan memerlukan pendekatan pembelajaran yang lebih variatif dan mendalam. Oleh karena itu, hasilpenelitian ini direkomendasikan untuk guru sekolah dasaragar dapat merancang strategi pembelajaran yang dapat menstimulasi kreativitas siswa sejak dini, khususnya pada materi pola bilangan.
References
Indriana, A. F., Wijayanti, D., & Ubaidah, N. (2021). Identifikasi Tingkat Berpikir Kreatif Siswa Melalui Penyelesaian Masalah Matematika dengan Tipe Soal Open-Ended. Kontinu: Jurnal Penelitian Didaktik Matematika, 5(2), 142-156.
Putri, R. D. R., dkk. (2022). Pentingnya keterampilan abad 21 dalam pembelajaran matematika. Science and Education Journal (SICEDU), 1(2), 449-459.
Rofi’ah, U. A., Khotimah, N., & Lestari, P. I. (2023). Pengukuran kreatifitas anak usia dini menurut EP Torrance. Alzam: Journal of Islamic Early Childhood Education, 3(1), 40-55.
Rozi, F. A., & Afriansyah, E. A. (2022). Analisis kemampuan berpikir kreatif matematis berdasarkan disposisi matematis siswa. Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME), 4(2), 172-185.
Syahara, M. U., & Astutik, E. P. (2021). Analisis berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan masalah SPLDV ditinjau dari kemampuan matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 201-212.
Widyastuti, T., Supandi, S., & Harun, L. (2021). Kemampuan berpikir kreatif matematis siswa pada model pembelajaran problem posing dengan pendekatan open ended berbasis soal cerita. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(3), 234-246.
Wijaya, A. J., Pujiastuti, H., & Hendrayana, A. (2022). Tingkat kemampuan berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan soal open ended. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 11(1), 108-122.
Witono, S., & Hadi, M. S. (2025). Numerasi dan Kemampuan Berpikir Kreatif pada Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(3), 2489-2496.
Authors who publish with this journal retain copyright to their articles. However, they grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.