Problematika Berpikir Kreatif siswa Sekolah Dasar pada materi Pola Bilangan

  • Findi Auliya Fatikhah Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Kusno Kusno Universitas Muhammadiyah Purwokerto
Keywords: berpikir kreatif, pola bilangan

Abstract

Berpikir kreatif adalah keterampilan esensial dalam pembelajaran matematika karena memungkinkan siswa mengeksplorasi berbagai solusi dan menyelesaikanmasalah dari berbagai sudut pandang. Akan tetapi, kenyataannya masih banyak siswa sekolah dasar yang mengalami kesulitan dalam berpikir kreatif, khususnyasaat menghadapi soal matematika berbasis pola bilangan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan mendeskripsikan problematika berpikir kreatif siswa kelas IV SD dalam menyelesaikan soal pola bilangan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptifkuantitatif dengan subjek sebanyak 10 siswa kelas IV SD Negeri 01 Beluk yang dipilih melalui teknik random sampling. Kriteria pemilihan subjek mencakup siswa yang telah mempelajari materi pola bilangan dan bersediamengikuti tes berpikir kreatif. Instrumen yang digunakan berupa tes tertulis yang dirancang berdasarkan indikatorberpikir kreatif menurut Torrance, yaitu kelancaran, kelenturan, elaborasi, dan orisinalitas. Data dikumpulkanmelalui pemberian soal pola bilangan, kemudian dianalisis secara deskriptif dengan melihat distribusifrekuensi tiap kategori kemampuan berpikir kreatif. Hasil analisis menunjukkan bahwa hanya 2 siswa yang mencapai tingkat berpikir sangat kreatif, sedangkansebagian besar siswa berada pada kategori cukup kreatifhingga tidak kreatif. Permasalahan yang ditemukanmeliputi kesulitan mengenali pola, ketidakteraturan dalam menyampaikan strategi penyelesaian, serta rendahnyakemampuan elaborasi dan justifikasi logis. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kemampuan berpikir kreatif siswa masih rendah dan memerlukan pendekatan pembelajaran yang lebih variatif dan mendalam. Oleh karena itu, hasilpenelitian ini direkomendasikan untuk guru sekolah dasaragar dapat merancang strategi pembelajaran yang dapat menstimulasi kreativitas siswa sejak dini, khususnya pada materi pola bilangan. 

References

Herawati, A., Afiani, K. D. A., & Mirnawati, L. B. (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas 3 dalam Menyelesaikan Masalah Soal Cerita pada Pembelajaran Matematika SD. Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(3), 1201-1217.
Indriana, A. F., Wijayanti, D., & Ubaidah, N. (2021). Identifikasi Tingkat Berpikir Kreatif Siswa Melalui Penyelesaian Masalah Matematika dengan Tipe Soal Open-Ended. Kontinu: Jurnal Penelitian Didaktik Matematika, 5(2), 142-156.
Putri, R. D. R., dkk. (2022). Pentingnya keterampilan abad 21 dalam pembelajaran matematika. Science and Education Journal (SICEDU), 1(2), 449-459.
Rofi’ah, U. A., Khotimah, N., & Lestari, P. I. (2023). Pengukuran kreatifitas anak usia dini menurut EP Torrance. Alzam: Journal of Islamic Early Childhood Education, 3(1), 40-55.
Rozi, F. A., & Afriansyah, E. A. (2022). Analisis kemampuan berpikir kreatif matematis berdasarkan disposisi matematis siswa. Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME), 4(2), 172-185.
Syahara, M. U., & Astutik, E. P. (2021). Analisis berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan masalah SPLDV ditinjau dari kemampuan matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 201-212.
Widyastuti, T., Supandi, S., & Harun, L. (2021). Kemampuan berpikir kreatif matematis siswa pada model pembelajaran problem posing dengan pendekatan open ended berbasis soal cerita. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(3), 234-246.
Wijaya, A. J., Pujiastuti, H., & Hendrayana, A. (2022). Tingkat kemampuan berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan soal open ended. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 11(1), 108-122.
Witono, S., & Hadi, M. S. (2025). Numerasi dan Kemampuan Berpikir Kreatif pada Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(3), 2489-2496.
Published
2025-06-30
How to Cite
Fatikhah, F., & Kusno, K. (2025, June 30). Problematika Berpikir Kreatif siswa Sekolah Dasar pada materi Pola Bilangan. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 8(2), 10-18. https://doi.org/https://doi.org/10.37081/mathedu.v8i2.7106