Analisis Kemampuan Metakognisi Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Pada Materi Barisan Dan Deret Aritmatia Kelas X SMK Bina Teknika

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Prianti Patmah Roida Eva Flora Siagian Novi Marliani

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan metakognisi siswa dalam memecahkan
masalah matematika siswa kelas X MPLB 3 SMK Bina Teknika dengan menggunakan pendekatakan
kualitatif deskriptif. Sebanyak 46 siswa diberikan angket kemampuan metakognisi. Selanjutnya, setelah
diklasifikasikan didapatkan subjek dengan kemampuan metakognisi tinggi, sedang, dan rendah. Subjek
yang telah diklasifikasikan tersebut diberikan tes pemecahan masalah. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa Subjek dengan kemampuan metakognisi tinggi memiliki pemecahan masalah yang baik dengan
memenuhi semua langkah-langkah pemecahan masalah. Selanjutnya subjek dengan kemampuan
metakognisi sedang terdapat langkah pemecahan masalah yang tidak terpenuhi, dan yang terakhir subjek
dengan kemampuan metakognisi rendah hanya memenuhi langkah merencanakan penyelesaian masalah
saja yaitu merencanakan rumus yang sesuai tetapi langkah-langkah yang lainnya tidak terpenuhi.
Penelitian ini menunjukkan bagaimana kemampuan metakognisi dapat berperan dalam memecahkan
masalah matematika. Dengan kemampuan metakognisi siswa dapat dengan sadar akan proses berpikirnya
sendiri, sehingga dapat menentukan strategi apa yang harus digunakan dalam pemecahan masalah
matematika.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

##submission.howToCite##
Bagian
Articles

Referensi

Ahmad. (2023). Pendekatan Pemecahan Masalah Matematika dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa. SIBERNETIK: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 129–137. https://doi.org/10.59632/sjpp.v1i1.157
Hadi, S. (2019). JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala. JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala, 4(5), 276–280. http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JUPE/index
Nisa Rambe, K., & Sinaga, B. (2020). Analisis Kemampuan Metakognisi dalam Pemecahan Masalah Matematis pada Pembelajaran Berbasis Masalah Ditinjau dari Gaya Belajar. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24114/paradikma.v13i3.22912
Safitri, P. T., Yasintasari, E., Putri, S. A., & Hasanah, U. (2020). Analisis Kemampuan Metakognisi Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Model PISA. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 4(1), 11. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v4i1.941
Sunendar, A. (2017). Pembelajaran Matematika dengan Pemecahan Masalah. Jurnal THEOREMS, 2(1), 86–93.
Sutarto, Hastuti, I., & Haifaturrahmah. (2020). Analisis Kemampuan Metakognisi Mahasiswa PGSD dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. JPIn: Jurnal Pendidik Indonesia, 3. https://jurnal.intancendekia.org/index.php/JPIn/article/view/87/325