Analisis Kemampuan Metakognisi Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Pada Materi Barisan Dan Deret Aritmatia Kelas X SMK Bina Teknika
##plugins.themes.bootstrap3.article.main##
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan metakognisi siswa dalam memecahkan
masalah matematika siswa kelas X MPLB 3 SMK Bina Teknika dengan menggunakan pendekatakan
kualitatif deskriptif. Sebanyak 46 siswa diberikan angket kemampuan metakognisi. Selanjutnya, setelah
diklasifikasikan didapatkan subjek dengan kemampuan metakognisi tinggi, sedang, dan rendah. Subjek
yang telah diklasifikasikan tersebut diberikan tes pemecahan masalah. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa Subjek dengan kemampuan metakognisi tinggi memiliki pemecahan masalah yang baik dengan
memenuhi semua langkah-langkah pemecahan masalah. Selanjutnya subjek dengan kemampuan
metakognisi sedang terdapat langkah pemecahan masalah yang tidak terpenuhi, dan yang terakhir subjek
dengan kemampuan metakognisi rendah hanya memenuhi langkah merencanakan penyelesaian masalah
saja yaitu merencanakan rumus yang sesuai tetapi langkah-langkah yang lainnya tidak terpenuhi.
Penelitian ini menunjukkan bagaimana kemampuan metakognisi dapat berperan dalam memecahkan
masalah matematika. Dengan kemampuan metakognisi siswa dapat dengan sadar akan proses berpikirnya
sendiri, sehingga dapat menentukan strategi apa yang harus digunakan dalam pemecahan masalah
matematika.
##plugins.themes.bootstrap3.article.details##
Authors who publish with this journal retain copyright to their articles. However, they grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Referensi
Hadi, S. (2019). JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala. JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala, 4(5), 276–280. http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JUPE/index
Nisa Rambe, K., & Sinaga, B. (2020). Analisis Kemampuan Metakognisi dalam Pemecahan Masalah Matematis pada Pembelajaran Berbasis Masalah Ditinjau dari Gaya Belajar. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24114/paradikma.v13i3.22912
Safitri, P. T., Yasintasari, E., Putri, S. A., & Hasanah, U. (2020). Analisis Kemampuan Metakognisi Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Model PISA. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 4(1), 11. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v4i1.941
Sunendar, A. (2017). Pembelajaran Matematika dengan Pemecahan Masalah. Jurnal THEOREMS, 2(1), 86–93.
Sutarto, Hastuti, I., & Haifaturrahmah. (2020). Analisis Kemampuan Metakognisi Mahasiswa PGSD dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. JPIn: Jurnal Pendidik Indonesia, 3. https://jurnal.intancendekia.org/index.php/JPIn/article/view/87/325