Pengembangan Media Pembelajaran Berupa Video Animasi Berbasis Canva Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa

Main Article Content

Roslian Lubis Nunik Ardiana Andre Inal Harahap

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran video animasi berbasis canva untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa di SMP Negeri 2 Angkola Timur. Media pembelajaran yang dikembangkan akan dievaluasi dari segi validitas, kepraktisan, dan keefektivannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek dalam penelitian ini adalah 28 siswa kelas VII SMP Negeri 2 Angkola Timur. Instrumen penelitian yang digunakan adalah  1) lembar angket validasi oleh ahli untuk melihat kevalidan produk yang dikembangkan yang meliputi  ahli media, ahli materi, dan ahli bahasa, 2) angket respon siswa untuk melihat kepraktisan produk,  dan 3) lembar tes untuk menguji keefektifan produk yang dikembangkan berdasarkan kemampuan pemecahan masalah. Hasil penelitian menunjukkan 1) validitas produk  adalah  84% (kategori valid), 2) kepraktisan produk adalah 92% (kategori sangat praktis),  dan keefektifan produk  adalah 87% (kategori sangat efektif).

Article Details

How to Cite
Lubis, R., Ardiana, N., & Harahap, A. (2025, June 30). Pengembangan Media Pembelajaran Berupa Video Animasi Berbasis Canva Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 8(2), 98-106. https://doi.org/https://doi.org/10.37081/mathedu.v8i2.7130
Section
Articles

References

Adolph, R. (2016). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI BERBASIS POWTOON PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII SMP/MTS. 1–23.

Ardiansyah, Risnita, & Jailani, M. S. (2023). Teknik Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan Pada Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Jurnal IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 1–9. https://doi.org/10.61104/ihsan.v1i2.57

Harahap, E. R., Farida, L. N., & Lubis, R. (2020). Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Creative Problem Solving Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa di Kelas VIII SMP Negeri 1 Padang Bolak Julu. MathEdu (Mathematic Education Journal), 3(3), 15–22. http://journal.ipts.ac.id/index.php/

Harahap, H. M., & Lubis, R. (2019). Efetivitas Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik ( PMR ) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Smp Negeri 7. Jurnal MathEdu (Mathematic Education Journal), 2(2), 105–113. http://journal.ipts.ac.id/index.php/MathEdu

Marthani, G. Y., & Ratu, N. (2022). Media Pembelajaran Matematika Digital “BABADA” pada Materi Kesebangunan Bangun Datar. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 305–316. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v11i2.722

Mesra, R. (2023). Research & Development Dalam Pendidikan. In Https://Doi.Org/10.31219/Osf.Io/D6Wck.

Nurhasanah, D. S., & Luritawaty, I. P. (2021). PLUSMINUS : Jurnal Pendidikan Matematika Model Pembelajaran REACT Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 71–82.

Sugiantara, I. P., Listarni, N. M., & Pratama, K. (2024). Urgensi Pengembangan Media Pembelajaran Lingkaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Literasi Digital, 4(1), 73–80. https://doi.org/10.54065/jld.4.1.2024.448

Tanjung, H. P., Ardiana, N., & Harahap, S. D. (2020). EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM POSING TERHADAP Oleh : Jurnal MathEdu, 3(3), 35–41.

Ulfah, Tri Azizah., Wahyuni, Eva Ari., Nurtamam, M. E. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Kartu Uno Pada Pembelajaran Matematika Materi Satuan Panjang. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pembelajarannya, 3(3), 955–961. https://osf.io/qt4mv