Pengembangan Media Pembelajaran Berupa Video Animasi Berbasis Canva Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran video animasi berbasis canva untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa di SMP Negeri 2 Angkola Timur. Media pembelajaran yang dikembangkan akan dievaluasi dari segi validitas, kepraktisan, dan keefektivannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek dalam penelitian ini adalah 28 siswa kelas VII SMP Negeri 2 Angkola Timur. Instrumen penelitian yang digunakan adalah 1) lembar angket validasi oleh ahli untuk melihat kevalidan produk yang dikembangkan yang meliputi ahli media, ahli materi, dan ahli bahasa, 2) angket respon siswa untuk melihat kepraktisan produk, dan 3) lembar tes untuk menguji keefektifan produk yang dikembangkan berdasarkan kemampuan pemecahan masalah. Hasil penelitian menunjukkan 1) validitas produk adalah 84% (kategori valid), 2) kepraktisan produk adalah 92% (kategori sangat praktis), dan keefektifan produk adalah 87% (kategori sangat efektif).
Article Details
Authors who publish with this journal retain copyright to their articles. However, they grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
References
Ardiansyah, Risnita, & Jailani, M. S. (2023). Teknik Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan Pada Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Jurnal IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 1–9. https://doi.org/10.61104/ihsan.v1i2.57
Harahap, E. R., Farida, L. N., & Lubis, R. (2020). Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Creative Problem Solving Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa di Kelas VIII SMP Negeri 1 Padang Bolak Julu. MathEdu (Mathematic Education Journal), 3(3), 15–22. http://journal.ipts.ac.id/index.php/
Harahap, H. M., & Lubis, R. (2019). Efetivitas Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik ( PMR ) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Smp Negeri 7. Jurnal MathEdu (Mathematic Education Journal), 2(2), 105–113. http://journal.ipts.ac.id/index.php/MathEdu
Marthani, G. Y., & Ratu, N. (2022). Media Pembelajaran Matematika Digital “BABADA” pada Materi Kesebangunan Bangun Datar. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 305–316. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v11i2.722
Mesra, R. (2023). Research & Development Dalam Pendidikan. In Https://Doi.Org/10.31219/Osf.Io/D6Wck.
Nurhasanah, D. S., & Luritawaty, I. P. (2021). PLUSMINUS : Jurnal Pendidikan Matematika Model Pembelajaran REACT Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 71–82.
Sugiantara, I. P., Listarni, N. M., & Pratama, K. (2024). Urgensi Pengembangan Media Pembelajaran Lingkaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Literasi Digital, 4(1), 73–80. https://doi.org/10.54065/jld.4.1.2024.448
Tanjung, H. P., Ardiana, N., & Harahap, S. D. (2020). EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM POSING TERHADAP Oleh : Jurnal MathEdu, 3(3), 35–41.
Ulfah, Tri Azizah., Wahyuni, Eva Ari., Nurtamam, M. E. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Kartu Uno Pada Pembelajaran Matematika Materi Satuan Panjang. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pembelajarannya, 3(3), 955–961. https://osf.io/qt4mv