Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Menggunakan Animasi Powtoon Berbasis Kemampuan Pemecahan Masalah

Main Article Content

Rahmatika Elindra Nunik Ardiana Cindi Artika Sari

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran matematika menggunakan animasi Powtoon berbasis kemampuan pemecahan masalah di kelas VII SMP Negeri 2 Angkola Barat. Pendekatan penelitian adalah Research and Development (R&D) dengan menerapkan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation). Subjek dalam penelitian ini sebanyak 17 siswa kelas VII SMP Negeri 2 Anngkola Barat. Instrumen penelitian yang digunakan adalah  1) lembar angket validasi oleh ahli untuk melihat kevalidan produk yang dikembangkan yang meliputi  ahli media, ahli materi, dan ahli bahasa, 2) angket respon siswa untuk melihat kepraktisan produk,  dan 3) lembar tes untuk menguji keefektifan produk yang dikembangkan berdasarkan kemmapuan pemecahan masalah. Hasil penelitian menunjukkan 1) validitas produk adalah 78,5% (kategori cukup), 2) kepraktisan produk adalah 90% (kategori sangat praktis),  dan keefektifan produk adalah  93,15%  (kategori sangat efektif).

Article Details

How to Cite
Elindra, R., Ardiana, N., & Sari, C. (2025, June 30). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Menggunakan Animasi Powtoon Berbasis Kemampuan Pemecahan Masalah. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 8(2), 90-97. https://doi.org/https://doi.org/10.37081/mathedu.v8i2.7131
Section
Articles

References

Alfah, R. (2020). Perancangan Game Untuk Murid Sekolah Dasar Bergenre Arcade Disertai Materi Soal Pelajaran Dengan Model Addie. Technologia: Jurnal Ilmiah, 11(1), 22. https://doi.org/10.31602/tji.v11i1.2692
Haryadi, R., Prihatin, I., Oktaviana, D., & Herminovita, H. (2022). Pengembangan Media Video Animasi Menggunakan Software Powtoon Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. AXIOM : Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 11(1), 11. https://doi.org/10.30821/axiom.v11i1.10339
Kusumawati, F. F., & Setyadi, D. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Powtoon pada Materi Aritmatika Sosial. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 1486–1498. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i2.1267
La’ia, H. T., & Harefa, D. (2021). Hubungan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dengan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(2), 463. https://doi.org/10.37905/aksara.7.2.463-474.2021
Rizky Fadilla, A., & Ayu Wulandari, P. (2023). Literature Review Analisis Data Kualitatif: Tahap PengumpulanData. Mitita Jurnal Penelitian, 1(No 3), 34–46.
Sagita, D. K., Ermawati, D., & Riswari, L. A. (2023). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 431–439. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4609
Septiani, A., Yuhana, Y., & Sukirwan, S. (2022). Pengembangan LKPD untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika : Systematic Literature Review. Jurnal Basicedu, 6(6), 10110–10121. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.3782
Sriwahyuni, K., & Maryati, I. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Materi Statistika. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 335–344. https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i2.1109
Yolanda, F., & Wahyuni, P. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Berbantuan Macromedia Flash. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 4(2), 170–177. https://doi.org/10.35706/sjme.v4i2.3612