Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Menggunakan Animasi Powtoon Berbasis Kemampuan Pemecahan Masalah
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran matematika menggunakan animasi Powtoon berbasis kemampuan pemecahan masalah di kelas VII SMP Negeri 2 Angkola Barat. Pendekatan penelitian adalah Research and Development (R&D) dengan menerapkan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation). Subjek dalam penelitian ini sebanyak 17 siswa kelas VII SMP Negeri 2 Anngkola Barat. Instrumen penelitian yang digunakan adalah 1) lembar angket validasi oleh ahli untuk melihat kevalidan produk yang dikembangkan yang meliputi ahli media, ahli materi, dan ahli bahasa, 2) angket respon siswa untuk melihat kepraktisan produk, dan 3) lembar tes untuk menguji keefektifan produk yang dikembangkan berdasarkan kemmapuan pemecahan masalah. Hasil penelitian menunjukkan 1) validitas produk adalah 78,5% (kategori cukup), 2) kepraktisan produk adalah 90% (kategori sangat praktis), dan keefektifan produk adalah 93,15% (kategori sangat efektif).
Article Details
Authors who publish with this journal retain copyright to their articles. However, they grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
References
Haryadi, R., Prihatin, I., Oktaviana, D., & Herminovita, H. (2022). Pengembangan Media Video Animasi Menggunakan Software Powtoon Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. AXIOM : Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 11(1), 11. https://doi.org/10.30821/axiom.v11i1.10339
Kusumawati, F. F., & Setyadi, D. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Powtoon pada Materi Aritmatika Sosial. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 1486–1498. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i2.1267
La’ia, H. T., & Harefa, D. (2021). Hubungan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dengan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(2), 463. https://doi.org/10.37905/aksara.7.2.463-474.2021
Rizky Fadilla, A., & Ayu Wulandari, P. (2023). Literature Review Analisis Data Kualitatif: Tahap PengumpulanData. Mitita Jurnal Penelitian, 1(No 3), 34–46.
Sagita, D. K., Ermawati, D., & Riswari, L. A. (2023). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 431–439. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4609
Septiani, A., Yuhana, Y., & Sukirwan, S. (2022). Pengembangan LKPD untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika : Systematic Literature Review. Jurnal Basicedu, 6(6), 10110–10121. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.3782
Sriwahyuni, K., & Maryati, I. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Materi Statistika. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 335–344. https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i2.1109
Yolanda, F., & Wahyuni, P. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Berbantuan Macromedia Flash. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 4(2), 170–177. https://doi.org/10.35706/sjme.v4i2.3612