Kevalidan Dan Kepraktisan Math Edu Curipod Berbasis Literasi Terintegrasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa

Main Article Content

Muhammad Syahril Harahap Rahmatika Elindra Fima Shifa Diniyah Musafran Harahap

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan dan kepraktisan matematika edu curipod berbasis literasi terintegrasi berdasarkan aspek kevalidan dan kepraktisan. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan menerapakan model 4-D (Define, Design, Development, Disseminate). Subjek dalam penelitian ini adalah 17 siswa kelas X-2 SMA Negeri 8 Padangsidimpuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan beberapa lembar angke t. Instrumen yang digunakan adalah 1) lembar angket respon siswa dan lembar validasi ahli untuk  mengetahui kepraktisan produk , dan 2) lembar validasi ahli yang meliputi aspek media, materi, dan bahasa untuk mengetahui kevalidan produk. Hasil penelitian menunjukkan 1) rata –rata lembar angket respon siswa adalah 79.64% (kategori praktis ) dan rata – rata lembar validasi ahli adalah 92% (sangat praktis), dan 2) rata –rata lembar validasi ahli yang meliputi aspek media, materi, dan bahasa adalah 84.60% (kategori valid). Disimpulkan math edu curipod berbasis literasi terintegrasi yang dikembangkan adalah valid dan praktis untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa.

Article Details

How to Cite
Harahap, M., Elindra, R., Diniyah, F., & Harahap, M. (2025, June 30). Kevalidan Dan Kepraktisan Math Edu Curipod Berbasis Literasi Terintegrasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 8(2), 80-89. https://doi.org/https://doi.org/10.37081/mathedu.v8i2.7142
Section
Articles

References

Dewi Anggelia, Ika Puspitasari, & Shokhibul Arifin. (2022). Penerapan Model Project-based Learning ditinjau dari Kurikulum Merdeka dalam Mengembangkan Kreativitas Belajar Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 7(2), 398–408. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2022.vol7(2).11377
Faiziyah, N., Hanan, N. A., & Azizah, N. N. (2022). Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Menyelesaikan Soal berbasis Etnomatematika Tipe Multiple Solutions Task. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(3), 495–506. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v11i3.1335
Fayza, A. A., Nugraha, D. M., & . S. (2021). Pengaruh Literasi Terhadap Perkembangan Pembelajaran Pkn. Harmony: Jurnal Pembelajaran IPS Dan
Indra Wijaya, D. F., & Agus, F. R. (2018). Perancangan Dan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Android Mata Pelajaran Teknologi Perkantoran ( Studi Kasus Kelas X Otps Mk Negeri 3 Padang). Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 5(2), 9–20.
Manurung, A. S., Halim, A., & Rosyid, A. (2020). Pengaruh Kemampuan Berpikir Kreatif untuk meningkatkan Hasil Belajar Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1274–1290. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.544
Naibaho, M. H., Syahfitri, L., Bahri, S., Juliandri, D., Sadar, S., & Lumban, S. (2024). JPRONUS : Jurnal Pendidikan Profesi Guru Nusantara Optimalisasi Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pbl Berbantuan Media Curipod Di Sma Pendahuluan. 01(02), 13–20.
Nanda, K., & Pradana, I. (2025). Kajian Teori : Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Bahan Ajar PBL Bernuansa Etnomatematika Kawasan Menara Kudus. 8, 173–179.
Nisa, K. Y., Harahap, M. S. H., & Haharap, S. D. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Probabilitas Berbasis Monopoly Game Smart (MGS) untuk Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa. Matematic Education Jurnal, 5(3), 140–148.
Nurhayati, N., Yunus, Y., & Juwita, A. I. (2021). Perancangan dan Pembuatan Aplikasi Media Pembelajaran Berbasis Android pada Mata Pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan. Jurnal Pti (Pendidikan Dan Teknologi Informasi) Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universita Putra Indonesia “Yptk” Padang, 8(1), 45–56. https://doi.org/10.35134/jpti.v8i1.38
S.Sirate, S. F., & Ramadhana, R. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Keterampilan Literasi. Inspiratif Pendidikan, 6(2), 316. https://doi.org/10.24252/ip.v6i2.5763
Ujud, S., Nur, T. D., Yusuf, Y., Saibi, N., & Ramli, M. R. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sma Negeri 10 Kota Ternate Kelas X Pada Materi Pencemaran Lingkungan. Jurnal Bioedukasi, 6(2), 337–347.https://doi.org/10.33387/bioedu.v6i2.7305
Widiastuti, & Oktama Yurita, H. (2023). Tantangan Implementasi Kurikulum 2013 Dalam Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. JISPE Journal of Islamic Primary Education, 4(2), 71–77 .https://doi.org/10.51875/jispe.v4i2.266
Zuhra, F., & Safarati, N. (2021). Pelatihan Implementasi Literasi dan Numerasi Dalam Proses Pembelajaran Untuk Guru MTsS. Journal Ummat, 5(6), 5–12. https://journal.ummat.ac.id/index.php/jmm/article/download/5073/pdf