Kevalidan Dan Kepraktisan Math Edu Curipod Berbasis Literasi Terintegrasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan dan kepraktisan matematika edu curipod berbasis literasi terintegrasi berdasarkan aspek kevalidan dan kepraktisan. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan menerapakan model 4-D (Define, Design, Development, Disseminate). Subjek dalam penelitian ini adalah 17 siswa kelas X-2 SMA Negeri 8 Padangsidimpuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan beberapa lembar angke t. Instrumen yang digunakan adalah 1) lembar angket respon siswa dan lembar validasi ahli untuk mengetahui kepraktisan produk , dan 2) lembar validasi ahli yang meliputi aspek media, materi, dan bahasa untuk mengetahui kevalidan produk. Hasil penelitian menunjukkan 1) rata –rata lembar angket respon siswa adalah 79.64% (kategori praktis ) dan rata – rata lembar validasi ahli adalah 92% (sangat praktis), dan 2) rata –rata lembar validasi ahli yang meliputi aspek media, materi, dan bahasa adalah 84.60% (kategori valid). Disimpulkan math edu curipod berbasis literasi terintegrasi yang dikembangkan adalah valid dan praktis untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa.
Article Details
Authors who publish with this journal retain copyright to their articles. However, they grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
References
Faiziyah, N., Hanan, N. A., & Azizah, N. N. (2022). Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Menyelesaikan Soal berbasis Etnomatematika Tipe Multiple Solutions Task. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(3), 495–506. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v11i3.1335
Fayza, A. A., Nugraha, D. M., & . S. (2021). Pengaruh Literasi Terhadap Perkembangan Pembelajaran Pkn. Harmony: Jurnal Pembelajaran IPS Dan
Indra Wijaya, D. F., & Agus, F. R. (2018). Perancangan Dan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Android Mata Pelajaran Teknologi Perkantoran ( Studi Kasus Kelas X Otps Mk Negeri 3 Padang). Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 5(2), 9–20.
Manurung, A. S., Halim, A., & Rosyid, A. (2020). Pengaruh Kemampuan Berpikir Kreatif untuk meningkatkan Hasil Belajar Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1274–1290. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.544
Naibaho, M. H., Syahfitri, L., Bahri, S., Juliandri, D., Sadar, S., & Lumban, S. (2024). JPRONUS : Jurnal Pendidikan Profesi Guru Nusantara Optimalisasi Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pbl Berbantuan Media Curipod Di Sma Pendahuluan. 01(02), 13–20.
Nanda, K., & Pradana, I. (2025). Kajian Teori : Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Bahan Ajar PBL Bernuansa Etnomatematika Kawasan Menara Kudus. 8, 173–179.
Nisa, K. Y., Harahap, M. S. H., & Haharap, S. D. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Probabilitas Berbasis Monopoly Game Smart (MGS) untuk Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa. Matematic Education Jurnal, 5(3), 140–148.
Nurhayati, N., Yunus, Y., & Juwita, A. I. (2021). Perancangan dan Pembuatan Aplikasi Media Pembelajaran Berbasis Android pada Mata Pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan. Jurnal Pti (Pendidikan Dan Teknologi Informasi) Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universita Putra Indonesia “Yptk” Padang, 8(1), 45–56. https://doi.org/10.35134/jpti.v8i1.38
S.Sirate, S. F., & Ramadhana, R. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Keterampilan Literasi. Inspiratif Pendidikan, 6(2), 316. https://doi.org/10.24252/ip.v6i2.5763
Ujud, S., Nur, T. D., Yusuf, Y., Saibi, N., & Ramli, M. R. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sma Negeri 10 Kota Ternate Kelas X Pada Materi Pencemaran Lingkungan. Jurnal Bioedukasi, 6(2), 337–347.https://doi.org/10.33387/bioedu.v6i2.7305
Widiastuti, & Oktama Yurita, H. (2023). Tantangan Implementasi Kurikulum 2013 Dalam Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. JISPE Journal of Islamic Primary Education, 4(2), 71–77 .https://doi.org/10.51875/jispe.v4i2.266
Zuhra, F., & Safarati, N. (2021). Pelatihan Implementasi Literasi dan Numerasi Dalam Proses Pembelajaran Untuk Guru MTsS. Journal Ummat, 5(6), 5–12. https://journal.ummat.ac.id/index.php/jmm/article/download/5073/pdf