Kevalidan Dan Kepraktisan E-Lkpd Interaktif Berbasis Liveworksheet Untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas I TKJ SMK Swasta Teruna Padangsidimpuan

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

M. Rendi Pranata Rahmatika Elindra Muhammad Syahril Harahap

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas dan praktikalitas E-LKPD interaktif berbasis liveworksheet berdasarkan aspek kevalidan dan kepraktisan. Metode penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan menerapkan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek dalam penelitian ini adalah 23 siswa kelas XI TKJ SMK Swasta Teruna Padangsidimpuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan beberapa lembar angket. Instrumen yang digunakan adalah 1) lembar angket respon siswa dan lembar validasi ahli untuk  mengetahui  kepraktisan produk, dan 2) lembar validasi ahli yang meliputi  aspek media, materi, dan bahasa untuk mengetahui kevalidan produk. Hasil penelitian menunjukkan 1) rata-rata lembar angket respon siswa adalah 96,26 (kategori sangat praktis) dan rata- rata lembar validasi ahli adalah 88 (sangat valid), dan  2)  rata-rata lembar validasi ahli yang meliputi  aspek media, materi, dan bahasa adalah 85,7 (kategori valid). Disimpulkan  E-LKPD interaktif berbasis liveworksheet yang dikembangkan adalah valid dan sangat praktis untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

##submission.howToCite##
Pranata, M., Elindra, R., & Harahap, M. (2025, Juni 30). Kevalidan Dan Kepraktisan E-Lkpd Interaktif Berbasis Liveworksheet Untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas I TKJ SMK Swasta Teruna Padangsidimpuan. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 8(2), 19-28. https://doi.org/https://doi.org/10.37081/mathedu.v8i2.7144
Bagian
Articles

Referensi

Amry, Z. (2024). Pengembangan Soal Setara TIMSS untuk Mengukur Kemampuan Penalaran Matematika Siswa dalam Konten Geometri. 3(9), 19–25.
Apriyanti, Y., Lorita, E., & Yusuarsono, Y. (2019). Kualitas Pelayanan Kesehatan Di Pusat Kesehatan Masyarakat Kembang Seri Kecamatan Talang Empat Kabupaten Bengkulu Tengah. Profesional: Jurnal Komunikasi Dan Administrasi Publik, 6(1). https://doi.org/10.37676/professional.v6i1.839
Arifin, M. (2022). Pengembangan E-LKPD Interaktif Liveworksheets Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) Pada Materi Minyak Bumi. In Repository.Uinjkt.Ac.Id. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/61778%0Ahttps://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/61778/1/11170162000017_Muhammad Arifin %28WATERMARK%29.pdf
Effiyanti, T., Pratiwi, D. E., & Dalimunthe, M. B. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berorientasi. Niagawan, 7(1), 44–49.
Elindra, R., & Hutagalung, Y. N. (2019). Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Treffinger Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Di Smp Negeri 2 …. JURNAL MathEdu (Mathematic …, 2(2), 99–104. https://journal.ipts.ac.id/index.php/MathEdu/article/download/956/472
Hasmal, Kodirun, & Anggo, M. (2020). Deskripsi Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP Negeri 1 Kendari. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 8(2), 197–210. http://dx.doi.org/10.36709/jppm.v8i2.13658
Lubis, R., Syahril Harahap, M., Lala Hayati Hasibuan, Y., Siregar, R., Hastini Nasution, F., Mipa, F., & Pendidikan Tapanuli Selatan, I. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Berdasarkan Konsep Tpack (Technological Pedagogical and Content Knowledge) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Di Smp Negeri 1 Marancar. Mathematic Education Journal)MathEdu, 7(2), 15–24. http://journal.ipts.ac.id/index.php/
Nurmanita, & Surya, E. (2019). Membangun Kemampuan Penalaran Matematis (Reasoning Mathematics Ability) Dalam Pembelajaran Matematika. Jppm, 11(2), 92–104.
Purwitasari, D. P., Apriandi, D., & Susanti, V. D. (2024). Pengembangan Modul Interaktif Berbasis Inkuiri Pada Materi Barisan dan Deret untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa. Seminar Nasional Sosial, Sains, Pendidikan, Humaniora (Senassdra), 3(1), 537–546.
Ramadhan, M. F., Siroj, R. A., & Afgani, M. W. (2024). Validitas and Reliabilitas. Journal on Education, 6(2), 10967–10975. https://doi.org/10.31004/joe.v6i2.4885
Rustamana, A., Hasna Sahl, K., Ardianti, D., Hisyam, A., Solihin, S., Sultan, U., Tirtayasa, A., Raya, J., No, C., & Banten, S. (2024). Penelitian dan Pengembangan (Research & Development) dalam Pendidikan. Jurnal Bima: Pusat Publikasi Ilmu Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 2(3), 60–69. https://doi.org/10.61132/bima.v2i3.1014
Santika, L., Mulyono, D., & Fitriyana, N. (2024). Pengembangan E-LKPD Matematika Berbantuan Aplikasi Liveworksheet pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Abstrak. 7(2), 126–138.
Ummah, M. S. (2019). PRAKTIKALITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN MEMBACA PERMULAAN BERBASIS MACROMEDIA FLASH. Sustainability (Switzerland), 11(1), 1–14. http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI
Wijaya, T. T., Murni, S., Purnama, A., & Tanuwijaya, H. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Tpack Menggunakan Hawgent Dynamic Mathematics Software. Journal of Elementary Education, 03(03), 3.
Yanti, F., Nurva, M. S., & Fikriani, T. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Realistic Mathematic Education (RME) untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Peserta Didik. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 1743–1751. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2132