PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS CORE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMK SWASTA TERUNA PADANGSIDIMPUAN

Main Article Content

Juli Asrawati Ritonga Roslian Roslian Lubis Nunik Nunik Ardiana

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik ) berbasis CORE (Connecting Organizing Reflecting Extending) untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMK Swasta Teruna Padangsidimpan dan mengetahui kualitas bahan ajar dilihat dari aspek kevalidan, kefraktisan, dan keefektifan. Pendekatan yang dilakukan adalah  Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D (Define, Design, Development, Desseminate). Subjek dari penelitian ini adalah 19 siswa kelas XI Akuntansi Padangsidimpuan. Teknik pengumpulan data menggunakan 1) lembar angket berupa angket vaidasi oleh ahli  (berdasarkan aspek media, materi, dan bahasa) untuk mengetahui kevalidan produk dan angket respon siswa untuk mengetahui kepraktisan produk serta 2) lembar tes keefektifan produk yang dikembangkan untuk melakukan uji coba produk dan mengetahui respon penggunaan prodak dan hasil tes siswa berdasarkan kemampuan pemecahan masalah matematis. Hasil penelitian menunjukkan 1) rata-rata tingkat kevalidan produk adalah 80,64 (kategori valid) dan kepraktisan produk adalah 90.32 (sangat praktis), dan 2) rata – rata keefektifann produk adalah 85.83 (kategori efektif).

Article Details

How to Cite
Ritonga, J., Lubis, R., & Ardiana, N. (2025, November 2). PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS CORE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMK SWASTA TERUNA PADANGSIDIMPUAN. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 8(3), 148-157. https://doi.org/https://doi.org/10.37081/mathedu.v8i3.7148
Section
Articles

References

Arifin, M. (2022). Pengembangan E-LKPD Interaktif Liveworksheets Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) Pada Materi Minyak Bumi. In Repository.Uinjkt.Ac.Id. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/61778%0Ahttps://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/61778/1/11170162000017_Muhammad Arifin %28WATERMARK%29.pdf
Ayudia, G., & Mariani. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Core untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP S Methodist Rantauprapat. GENTA MULIA: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 13(2), 1–19.
Isnaini, S. (2018). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Dengan Metode Problem Solving Pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas Iv Sd Negeri 2 Bumiharjo Tahun Pelajaran 2017/2018. 0(0), 2–166.
Khusnul khotimah, Putri Anggi Oktafia, Fitri umardiyah, M. Q. Z. (2024). PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS CORE UNTUK MENINGKATKAN KAMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS PADA MATERI INTEGRAL. Jurnal Agama, Sosial, Dan Budaya, 15(1), 72–86. https://doi.org/10.25130/sc.24.1.6
Kurniawati, I., Raharjo, T. J., & Khumaedi. (2019). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah untuk Mempersiapkan Generasi Unggul Menghadapi Tantangan abad 21. Seminar Nasinal Pascasarjana, 21(2), 702.
Lubis, R., Ahmad, M., & Ahmad, A. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Materi Bangun Datar Dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Untuk Membelajarkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 5(2), 83–95.
Lubis, R., Syahril Harahap, M., Lala Hayati Hasibuan, Y., Siregar, R., Hastini Nasution, F., Mipa, F., & Pendidikan Tapanuli Selatan, I. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Berdasarkan Konsep Tpack (Technological Pedagogical and Content Knowledge) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Di Smp Negeri 1 Marancar. Mathematic Education Journal)MathEdu, 7(2), 15–24. http://journal.ipts.ac.id/index.php/