PENERAPAN QUIZIZZ MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL DENGAN MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KELAS VIII-5 SMP NEGERI 2 GORONTALO

Main Article Content

Anita Angraini Yusuf Sumarno Ismail Franky Alfrits Oroh

Abstract

Seiring dengan perkembangan zaman, peserta didik pastinya sudah mengenal dan juga bisa menggunakan teknologi. Teknologi di dalam pembelajaran tentunya diharapkan dapat menjadi salah satu cara untuk mengatasi kecenderungan pembelajaran monoton yang ada di sekolah pada umumnya. Salah satu teknologi yang bisa dipakai dalam proses pembelajaran yaitu Quizizz. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan Quizizz yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan mendeksripsikan peningkatan hasil belajar siswa materi sistem persamaan linear dua variabel setelah diterapkan Quizizz dengan menggunakan pembelajaran berdiferensiasi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Pada penelitian ini ada 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-5 SMP Negeri 2 Gorontalo yang berjumlah 25 Siswa. Analisis data kuantitatif dari observasi dan tes menunjukkan bahwa pada siklus I, baik guru (83%) maupun siswa (86%) sudah mencapai hasil optimal. Dan untuk tingkat ketuntasan belajar matematika siswa (88%) sudah memenuhi kriteria ketuntasannya adala 80%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan Quizizz dapat meningkatkan hasil belajar siswa materi sistem persamaan linear dua variabel siswa kelas VIII-5 SMP negeri 2 Gorontalo.

Article Details

How to Cite
Yusuf, A., Ismail, S., & Oroh, F. (2025, September 16). PENERAPAN QUIZIZZ MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL DENGAN MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KELAS VIII-5 SMP NEGERI 2 GORONTALO. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 8(2), 198-204. https://doi.org/https://doi.org/10.37081/mathedu.v8i2.7149
Section
Articles

References

Arikunto. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. PT Bumi Aksara.
Citra, C. A., & Brillian Rosy. (2020). Keefektifan Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi Quizizz Terhadap Hasil Belajar Teknologi Perkantoran Siswa Kelas X SMK Ketintang Surabaya. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(2), 261–272. https://doi.org/10.26740/jpap.v8n2.p261-272
Herwina, W. (2021). OPTIMALISASI KEBUTUHAN SISWA DAN HASIL BELAJAR DENGAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI. 35(2).
Kamal, S. (2021). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI Mipa SMA Negeri 8 Barabai. Julak: Jurnal Pembelajaran Dan Pendidik, 1(September 2021), 89–100.
Khulisoh. (2022). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Kurikulum Merdeka Di SD. Jurnal SHEs: Conference Series, 5(5), 1–23.
Kurniawan, M. C. D., & Huda, M. M. (2021). PENGARUH PENGGUNAAN QUIZIZZ SEBAGAI LATIHAN SOAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD. Pena Karakter, 03(01), 37–41.
Kusnandar. (2016). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru (10th ed). Rajawali Press.
Madhakomala, Aisyah, L., Rizqiqa, F. N. R., Putri, F. D., & Nulhaq, S. (2022). Kurikulum Merdeka dalam Perspektif Pemikiran Pendidikan Paulo Freire. At- Ta’lim : Jurnal Pendidikan, 8(2), 162–172. https://doi.org/10.55210/attalim.v8i2.819
Muamalah, R. F., Putra, D. A., & Faradita, M. N. (2023). Penerapan Aplikasi Game Quizziz untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Journal on Education, 5(3), 7084–7095. https://doi.org/10.31004/joe.v5i3.1496
Mubarok, H. (2023). Studi Literatur Menumbuhkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Konteks Pedagogi. Jurnal Ilmu Pendidikan Nasional (JIPNAS), 1(1), 01–07. https://doi.org/10.59435/jipnas.v1i1.45
Mulyati, S., & Haniv Evendi. (2020). PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MEDIA GAME QUIZIZZ UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SMP 2 BOJONEGARA. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 03(01), 381–390. https://doi.org/10.52121/alacrity.v4i2.363
Najah, S., Yurni Suasti, & Ernawati. (2024). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi di Era Kurikulum Merdeka Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Geoedusains, 5. Retrieved from https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/geoedusains/article/view/3744%0Ahttps://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/geoedusains/article/download/3744/1705
Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313–6319. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3237
Ridwan, A. (n.d.). Rumus dan Data dalam Analisis Statistik (7th ed). ALFABETA.
Rini, & Zuhdi, U. (2021). Pengaruh Media Quizizz Paper Mode Terhadap Hasil Belajar Materi Penerapan Sikap Pancasila Kelas IV UPT SD Negeri 220 Gresik. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(1), 65.
Sugiharti, A. R. E., & Hanayulianti. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Quizizz Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 8(2), 1924–1933. https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i2.497
Utomo, H. (2020). Penerapan media quizizz untuk meningkatkan hasil belajar siswa pelajaran tematik siswa kelas IV SD Bukit Aksara Semarang. Jurnal Kualita Pendidikan, 1(3), 37–43. https://doi.org/10.51651/jkp.v1i3.6
Wahyuningsari, D., Mujiwati, Y., Hilmiyah, L., Kusumawardani, F., & Sari, I. P. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Rangka Mewujudkan Merdeka Belajar. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(04), 529–535. https://doi.org/10.57008/jjp.v2i04.301