PENGEMBANGAN KOMA (KOMIK MATEMATIKA) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS ETNOMATENATIKA UNTUK MENINGKATKAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SMP NEGERI 1 MARANCAR

Main Article Content

Marianju Butar-Butar Marzuki Ahmad Sinar Depi Harahap

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan koma (komik matematika) berbasis etnomatematika  pada materi bangun ruang yang memiliki kualitas baik dan layan dingunakan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 fase, yaitu analyze (analisis), design (rancangan), development (pengembangan), implementation (implementasi) dan evaluation (evaluasi). Instrumen yang digunakan meliputi lembar validasi, lembar angket keperaktisan, dan test kemampuan pemecahan masalah. Subjek penelitian ini sebanyak 21 siswa. Validitas diperoleh berdasarkan penilaian validator dengan kepalidan diukur berdasarkan penilaian 3 orang validator yang memiliki kepakaran variabel penelitian. Kepraktisan diperoleh berdasarkan hasil pengamatan observer terhadap aktivitas siswa. Keefektifan diperoleh berdasarkan nilai prettest dan posttest siswa. Hasil analisis KOMA (komik matematika) berbasis etnomatematika pada materi bangun ruang memiliki persentase validitas sebesar 89% dengan kriteria sangat valid. Kepraktisan KOMA (komik matematika) berbasis etnomatematika memiliki persentase kepraktisan sebesar 95,7%, dengan kategori sangat praktis. Keefektifan KOMA (komik matematika) sebesar 85,5%, dengan kriteria sangat efektif. Kesimpulan penelitian, pengembangan KOMA (komik matematika) dikatakan valid, praktis, serta efektif diterapkan pada pembelajaran bangun ruang di kelas VIII.

Article Details

How to Cite
Butar-Butar, M., Ahmad, M., & Harahap, S. (2025, November 2). PENGEMBANGAN KOMA (KOMIK MATEMATIKA) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS ETNOMATENATIKA UNTUK MENINGKATKAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SMP NEGERI 1 MARANCAR. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 8(3), 166-178. https://doi.org/https://doi.org/10.37081/mathedu.v8i3.7171
Section
Articles

References

Ahmad, M., Pricilia, G. M., Elindra, R., Rangkuti, R. K., Nasution, D. P., Rangkuti, A. N., & Suprihatiningsih, S. (2024). Textbook Products with TPACK-Assisted Mandailing Culture Based Realistic Mathematics Learning Model: A Development Study to Learn Critical Thinking Skills. Library Progress International, 44 (3), 25702-25711.
Andriani, S., Nugroho, T., & Rahmawati, D. (2024). Metode Penelitian Kuantitatif untuk Pendidikan. Jakarta: Pustaka Ilmiah.
Apriani, N. (2018). Penerapan Strategi Polya dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta.
Awaliyah, R. (2019). Penerapan Etnomatematika dalam Pembelajaran Matematika untuk Menumbuhkan Karakter Cinta Tanah Air. Jakarta: Pustaka Edukasi.
Darwanto. (2019). Pembelajaran matematika yang bermakna: Berbasis pemecahan masalah dan keterampilan berpikir tingkat tinggi. Yogyakarta: Deepublish.
Dewi, R. K., Fadilah, I. N., & Nisa, K. (2017). Etnomatematika dalam Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Diamantopoulou, S. (2017). A closer look at the ADDIE instructional design model: Distinguishable features and applications.International Journal of Educational Design, 5(2), 45–58.
Harahap, S. D., Ahmad, M., Sabri, S., & Lubis, I. S. (2023). Implementation of the Connected Mathematics Project Learning Model on Students' Mathematical Problem Solving Abilities. Jurnal Pendidikan MIPA, 24(3), 556-570.
Khatimah, N. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Lubis, A., Sari, M., & Rahman, F. (2024). Teknik Pengumpulan Data dalam Penelitian Pendidikan. Medan: Penerbit Edukasi.
Sukmadinata, N. S. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Maswan, & Muslimin. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Semarang: Pustaka Pelajar.
Mulyatiningsih, E. (2011). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Yogyakarta: Alfabeta.
Putri, Y. N., Suryani, N., & Jufri, W. (2019). Pengembangan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa melalui model pembelajaran berbasis masalah. Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 45–52.
Rohani, N., Fadillah, R., & Rahmawati, D. (2022). Pendidikan Matematika untuk Sekolah Dasar. Jakarta: Penerbit Eduka.
Siswono, Y. S. E. (2018). Pendekatan Metakognitif untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Surabaya: UNESA University Press.
Soedarso, S. (2015). Dasar-dasar Apresiasi Seni. Jakarta: PT Gramedia.
Sugiyono. (2016). Metode penelitian pendidikan: Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sumartini. (2016). Pentingnya Kemampuan Pemecahan Masalah dalam Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Pustaka Ilmu.