PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI SPLDV
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa melalui model Problem Based Learning (PBL) pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Penelitian tindakan kelas (PTK) ini dilakukan pada 19 siswa kelas VIII di MTs Al-Mabrur Bone Raya selama dua siklus, mengikuti tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data diperoleh melalui observasi guru dan siswa serta tes hasil belajar. Pada siklus I, observasi menunjukkan kriteria cukup baik, dengan ketuntasan hasil belajar 63,2%—12 dari 19 siswa mencapai nilai di atas kriteria ketuntasan minimal (KKM). Karena indikator keberhasilan belum tercapai, penelitian dilanjutkan ke siklus II dengan perbaikan pada pelaksanaan pembelajaran. Hasilnya, observasi terhadap guru dan siswa meningkat ke kriteria baik, dan ketuntasan hasil belajar mencapai 84,2%—16 dari 19 siswa berhasil mencapai atau melebihi KKM. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa penerapan model PBL dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sistem persamaan linear dua variabel.
Article Details
Authors who publish with this journal retain copyright to their articles. However, they grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
References
Arham, Zakaria, P., Katili, N., &, & Damayanti, T. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Materi Matriks Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT. Jambura Journal of Mathematics Education, 4(2), 148–157. https://doi.org/10.37905/jmathedu.v4i2.17473
Astuti, P. H. M., Bayu, G. W., & Aspini, N. N. A. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Mimbar Ilmu, 26(2), 243–250. https://doi.org/10.33627/gg.v1i2.179
Dahlia, H. A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Berlajar Matematika SD. Jurnal Primary Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau, 7(1), 40–47. https://doi.org/10.55215/pedagogia.v14i2.6611
Fakhrurrazi. (2018). HAKIKAT PEMBELAJARAN YANG EFEKTIF. Jurnal At-Tafkir, XI(1), 85–99.
Febriana, W, D. (2016). Penerapan Metode Talking Stick Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata PelajaranBoga Dasar di SMKN 3 Magelang. Dalam E-Jurnal: Universitas Negeri Yogyakarta. https://journal.um-surabaya.ac.id/Pro/article/view/19764
Gompi, M., Bito, N., & Isa, D. R. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Bentuk Aljabar. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 06(01), 3287–3295. https://doi.org/10.31603/bedr.9518
Helmiati. (2012). Model Pembelajaran. Aswaja Pressindo.
Irfah, A., &, & Rahmah, N. (2017). PENDEKATAN PROBLEM POSING BERBASIS TEORI POLYA. Kelola: Journal of Islamic Education Management, 2(2), 143–153. https://doi.org/10.24256/kelola.v2i2.436
Ismail, S., Ismail, Sumarno., Abdullah, A. W., & M. (2023). Meningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII-1 MTs Alkhairaat Salilama pada Materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linier Satu Variabel dengan Menggunakan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E. JEMS (Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains), 11(2), 526–533. https://doi.org/10.25273/jems.v11i2.15917
Jufrin, J., Isa, D. A., Nurwan, Majid, Bito, N., &, & Zakiah, S. (2023). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Model Problem Based Learning Materi Operasi Bentuk Aljabar. INNOVATIVE: Journal of Social Science Research, 3(2), 12145–12154. http://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/1838%0Ahttps://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/download/1838/1351
Mayasari, A., Arifudin, O., &, & Juliawati, E. (2022). Implementasi Model Problem Based Learning (PBL) Dalam Meningkatkan Keaktifan Pembelajaran. Jurnal Tahsinia, 3(2), 167–175. https://doi.org/10.57171/jt.v3i2.335
Muparok, A. (2013). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TENTANG MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN RI MELALUI MEDIA VISUAL PADA PEMBELAJARAN IPS. Universitas Pendidkan Indonesia.
Nurhadi. (2020). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Pola Bilangan Pada Siswa Kelas VIII SMP SPP Dharma Lestari Pulutan Kecamatan Sidorejo Kota Salatiga Tahun Pelajaran 2019/2020. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga, 259.
Octaviana, A., Nuryani, P., & Robandi, B. (2018). PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, III(III), 12–20. https://doi.org/10.23887/iji.v3i3.54230
Pambudiarso, H., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran PBL Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas 5 SD. UKSW EDU, 1, 197–206.
Pauweni, K. A. Y., & Iskandar, M. E. B. (2020). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Model Problem-Based Learning Pada Materi Bilangan Pecahan. EULER : Jurnal Ilmiah Matematika, Sains Dan Teknologi, 8(1), 23–28. https://doi.org/10.34312/euler.v8i1.10372
Peraturan Pemerintah RI. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Bab 1 Pasal 1 Nomor 1 (p. 1).
Pertiwi, N. L. S. A., & Dibia, I. K. (2018). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Interaktif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa. Journal of Education Action Research, 2(4), 331–339. https://doi.org/10.23887/jear.v2i4.16325
Prastiwi, E. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Dalam Meningkatkan Keaktifan Dan Hasilbelajar Ips Terpadu Siswa Kelas Viii a Di Mts Al-Ma’Arif Kabupaten Badung Provinsi Bali. Skripsi Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, i–73.
Purnamasari, M., Isman, J., Damayanti, A., & Ismah. (2017). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA TERHADAP KONSEP BANGUN RUANG MATERI LUAS DAN VOLUME BALOK DAN KUBUS MENGGUNAKAN METODE DRILL SEKOLAH SMP ISLAM AL-GHAZALI KELAS VIII. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 3(1), 45–52. https://doi.org/10.24853/fbc.3.1.45-52
Rahayu, Saragih, S., & Syofni. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII B SMP IT Darul Huda Ukui. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning), 5(3), 189–198. https://doi.org/10.59562/progresif.v1i2.29334
Rahmadhani, N., Wardhani, S., & Sumah, A. S. W. (2022). HUBUNGAN KEMAMPUAN AWAL, PEMAHAMAN KONSEP, DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN DARING DI SMAN SUMATERA SELATAN. BIOMA : Jurnal Ilmiah Biologi, 11((1)), 1–9.
Saputri, R. I., Alzaber, & Ariawan, R. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI SMA Swasta Bina Siswa. AKSIOMATIK, 7(2), 84–89.
Siregar, T. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem-Based Learning Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Di SMA Negeri 1 Sinunukan. COMPETITIVE: Journal of Education, 2(2), 94–102. https://doi.org/10.58355/competitive.v2i2.9
Soffiah, H., Saputro, B. A., & Sudiyono. (2024). PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KELAS 2 SDN BENDUNGAN. JURNAL KOULUTUS, 7(1), 74–83.
Suandito, B. (2017). Bukti Informal dalam Pembelajaran Matematika. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 13–24. https://doi.org/10.24042/ajpm.v8i1.1160