PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BRAIN BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 PADANGSIDIMPUAN
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan, keefektifan dan kepraktisan dari pengembangan Media Pembelajaran Interaktif dengan Menggunakan Model Pembelajaran Brain Based Learning untuk meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep matematis Siswa di SMP Negeri 1 Padangsidimpuan dengan menggunakan metode penelitian R&D. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain 4D yang terdiri atas 4 tahapan pengembangan yaitu Define, Design, Development, and Disseminate. Subjek yang terlibat dalam penelitian ini adalah Siswa kelas VII1 di SMP Negeri 1 Padangsidimpuan, tepatnya dikelas VIII-7 sebanyak 30 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan validatitas dari pengembangan Media Pembelajaran dari ketiga dosen ahli sebagai validator yang menilai dari aspek media, materi, dan bahasa yang kemudian dilakukan uji coba produk dengan melihat respon penggunaan produk dan hasil tes siswa berdasarkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian dan pengembangan ini adalah hasil validasi dari ketiga validator memperoleh skor sebesar 93,29 dengan kategori "sangat valid" sedangkan efektivitas penggunaan modul diperoleh dari hasil analisis data tes kemampuan pemahaman konsep siswa dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 86,7% dan kepraktisan produk diperoleh dari respon positif siswa yang dibuktikan dari pengisian angket dengan perolehan nilai sebesar 93,37 atau berada pada kategori “sangat praktis”. Artinya, pengembangan Media Pembelajaran Interaktif dengan Menggunakan Model Brain Based Learning disimpulkan valid, efektif dan praktis dalam membangun kemampuan pemahaman konsep siswa VIII SMP negeri 1 Padangsidimpuan.
Article Details
Authors who publish with this journal retain copyright to their articles. However, they grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
References
Ernawati, 2024. Diwawancara pada tanggal 29 Oktober 2024
Faturrokhman, R. (2024). Media Pembelajaran Interaktif Meningkatkan Keterlibatan Dan Pemahaman Siswa Di Sekolah Smk Pembangunan Rizal. Jurnal Imu Pendidikan (JIP), 2(4), 713–721.
Febriyani, A., Hakim, A. R., & Nadun, N. (2022). Peran Disposisi Matematis terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 87–100. https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i1.1546
Giriansyah, F. E., Pujiastuti, H., & Ihsanudin, I. (2023). Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Berdasarkan Teori Skemp Ditinjau dari Gaya Belajar. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 07(01), 751–765.
Hermawan, V., Anggiana, A. D., & Septianti, S. (2021). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Melalui Model Pembelajaran Student Achievemen Divisons. Pasundan Journal Of Research In Mathematics Learning and Education, 6(2), 71–81.
Khalilah, S. A., Ardiani, N., & Elindra, R. (2022). Analisis Pemahaman Konsep Matematika Siswa Di Kelas Vii Mts Ar- Raudlatul Hasanah Lumut. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal, 5(3), 132–139.
Komsatun, S., Suriyah, P., & Noeruddin, A. (n.d.). ( LKPD ) Untuk Pembelajaran Transformasi Geometri Berbasis Batik Kontemporer Khas Tuban Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional matematika di Indonesia dilihat dari data Trends in International Mathematics and Science Study ( . 61–76.
Noviani, D. Z. Z. (2023). Perkembangan Pendidikan di Indonesia. 1(5), 1–10.
Pulungan, S. (2024). Pengembangan Bahan Ajar Aljabar Dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Berbasis Etnomatematika Untuk Membelajarkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa Smp. Institut Pendidikan Tapanuli Selatan.
Pusat Data dan Informasi Pendidikan, B.-D. (2004). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Departemen Pendidikan Nasional. http://repository.upi.edu/96774/4/S_IND_1908720_Chapter3.pdf
Rahmayani, V., Yuniati, S., & Kurniati, A. (2023). Pendekatan Brain Based Learning Dalam Bentuk Pengembangan Lembar Kerja Siswa untuk Memfasilitasi Pemahaman Konsep Matematis. Journal For Reseach Mathematics Learning, 6(4), 351–360. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24014/juring.v6i4.24710 Pendekatan
Sari, L. (2022). Pengaruh Minat Belajar terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP pada Materi Relasi dan Fungsi. Didactical Mathematics, 4(1), 111–118. https://doi.org/10.31949/dm.v4i1.2016
Sriagung. (2023). Media Pembelajaran Interaktif: Revolusi Pendidikan Abad ke-21. GuruInovatif. https://guruinovatif.id/artikel/media-pembelajaran-interaktif-revolusi-pendidikan-abad-ke-21
Waruwu, M. (2024). Metode Penelitian dan Pengembangan (R&D): Konsep, Jenis, Tahapan dan Kelebihan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(5), 1220–1230.
Yani, V. P., Haryono, Y., & Lovia, L. (2022). Hubungan Pemahaman Konsep Matematis dengan Kemandirian Belajar Siswa pada Kelas VIII SMP. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 439–448. https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i3.1118