ANALISIS VALIDITAS DAN PRAKTIKALITAS E-LKPD BERBSIS WIZER.ME UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D) yang bertujuan untuk menghasilkan produk Electronic-LKPD (E-LKPD) berbasis wizer.me yang valid, praktis, dan efektif sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis peserta didik. Model pengembangan yang digunakan adalah model 4D yang mencakup tahap define, design, develop, dan disseminate. Produk ini diuji cobakan kepada 30 peserta didik kelas XI-3 SMA Negeri 5 Padangsidimpuan. Teknik pengumpulan data meliputi lembar validasi ahli, angket respon peserta didik, dan instrumen tes kemampuan penalaran matematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) E-LKPD tergolong sangat valid dengan persentase 84,34%, ditinjau dari kelayakan isi, kebahasaan, tata letak, dan kesesuaian tujuan pembelajaran; (2) E-LKPD berbasis wizer.me sangat praktis dengan persentase kepraktisan 86,2% berdasarkan respon peserta didik. Dengan demikian, E-LKPD berbasis wizer.me yang dikembangkan memenuhi kriteria valid dan praktis sehingga layak digunakan sebagai media ajar dalam pembelajaran matematika.
Article Details
Authors who publish with this journal retain copyright to their articles. However, they grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
References
Bahari, Anggita Febriyanti, Teti Rostikawati, and Ade Wijaya. 2024. “Pengembangan E-LKPD Menggunakan Aplikasi Wizer.Me Pada Materi Kondisi Perekonomian Di Daerahku.” 09:457–66.
Dewi, Najla Ayuditiasni, Ratih Purnamasari, and Nita Karmila. 2023. “Pengembangan E-LKPD Berbasis Webiste Wizer.Me Materi Sifat-Sifat Bangun Ruang.” Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang 9(2):2562–75. doi: 10.36989/didaktik.v9i2.995.
Fahriah, Maulina Wati, Abdul Hamid, and Mahdian. 2023. “Pengembangan E-Lkpd Berbasis Android Dengan Model Problem Solving Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Materi Laju Reaksi.” JCAE (Journal of Chemistry And Education) 6(3):109–16. doi: 10.20527/jcae.v6i3.1754.
Fitrio, Beni Danuari, and Pika Merliza. 2023. “Pengembangan Bahan Ajar E-Modul Matematika Interaktif Dengan Pendekatan Kontekstual Untuk Siswa Kelas VIII SMP.” Suska Journal of Mathematics Education 9(2):121. doi: 10.24014/sjme.v9i2.18071.
Hikmawati, Fenti. 2020. Metodologi Penelitian. 1st ed. Depok: PT RAJAGRAFINDO PERSADA.
Khoirinisah, Diva, Aan Subhan Pamungkas, and Sigit Setiawan. 2024. “Pengembangan E-Lkpd Berbasis Wizer.Me Pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Melatih Berpikir Komputasional Peserta Didik Kelas Iv Sekolah Das.” Elementary School 11:612–26.
Muhalimah, Anisa Putri, Reni Lestari, and Lovika Ardana Riswari. 2023. “Analisis Penalaran Dan Pemecahan Masalah MatematikaTerhadap Siswa Kelas III Pada Bimbel Teras Belajar.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika 10(2):1–9.
Nabilla, Nazla, Sarwo Edy, and Fatimatul Khikmiyah. 2022. “Pengembangan E-LKPD Matematika Interaktif Berbasis Literasi Digital.” Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif 5(6):1581–94. doi: 10.22460/jpmi.v5i6.1581-1594.
Ningsih, Siti Rahma Saputri, and Retno Mustika Dewi. 2024. “Pengembangan E-LKPD Berbasis Problem Based Learning Pada Pembelajaran Ekonomi Guna Melatih Keterampilan Berpikir Kritis.” Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan 6(2):1675–85.
Novelza, Ice Dwi, and Eline Yanty Putri Nasution. 2023. “Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas XI SMA Negeri Dengan Materi Limit Fungsi Aljabar.” Nabla Dewantara : J.Pendidik.Matematika 8(1):11–19. doi: 10.51517/nabla.v8i1.165.
Nurkhafifah, Siti, Lambok Simamora, and Leny Hartati. 2022. “Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas X IPA SMAN 21 Kota Bekasi.” Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika (80):165–72.
Ramadhana, Rizky, and Abdul Hadi. 2021. “Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Berbasis E-Learning Berbantuan LKPD Elektronik Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik.” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 4(1):380–89. doi: 10.31004/edukatif.v4i1.1778.
Risamasu, P. V. M., and J. Pieter. 2024. “Pengembangan E-Lkpd Berbasis Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik.” Jurnal Pendidikan Fisika UNDIKSHA 14(1):2599–2562.
Rochmad. 2012. “Desain Model Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika.” Jurnal Kreano 3(1):59–72.
Rohma, Ani, and Ummu Sholihah. 2021. “Pengembangan Media Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva Materi Bangun Ruang Limas.” Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung 9(3):292–306. doi: 10.23960/mtk/v9i3.pp292-306.
Saputra, Hardika. 2024. “Penguatan Kemampuan Peserta Didik Dalam Menghadapi Era Society 5.0 Melalui Pembelajaran Matematika.” Jurnal Pendidikan Bhinneka Tunggal Ika 2(2):287–302.
Sugiyono. 2013. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D.
Triyani, Ruhsoh, Aan Subhan Pamungkas, and Cecep Anwar Hadi Firdos Santosa. 2024. “Pengembangan E-LKPD Matematika Berbasis Liveworksheet Dalam Menunjang Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Siswa SMP.” Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika 13(1):34–52. doi: 10.33387/dpi.v13i1.7775.
Umaroh, Uum, Novaliyosi, and Yani Setiani. 2022. “Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) Berbasis Problem Based Learning (PBL) Untuk Memfasilitasi Kemampuan Penalaran Peserta Didik Pada Materi Lingkaran.” Wilangan: Jurnal Inovasi Dan Riset Pendidikan Matematika 3(1):61. doi: 10.56704/jirpm.v3i1.13368.
Waruwu, Marinu. 2024. “Metode Penelitian Dan Pengembangan (R&D): Konsep, Jenis, Tahapan Dan Kelebihan.” Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan 9(2):1220–30. doi: 10.29303/jipp.v9i2.2141.
Zakiamani, Ahmad, Zulkarnain Zulkarnain, and Maimunah Maimunah. 2020. “Validitas Dan Praktikalitas Perangkat Pembelajaran Matematika: Studi Pengembangan Di SMPN Islam Teknologi Rambah.” JURING (Journal for Research in Mathematics Learning) 3(3):211. doi: 10.24014/juring.v3i3.10285.