Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Dan Motivasi Belajar Siswa
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap kemampuan komunikasi matematis dan motivasi belajar siswa di SMP Negeri 1 Lewa. Penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen semu yang menggunakan quasi eksperimental design. Populasinya yaitu seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Lewa, dengan subjek VIII A sebagai kelas kontrol yang berjumlah 24 orang dan VIII B sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 24 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan observasi, angket, dan tes. Sedangkan Teknik analisis data menggunakan statistic deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian ini menujukkan model pembelajaran kooperatif tipe jgsaw dapat berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis dan motivasi belajar siswa, dilihat dari hasil pengujian hipotesis uji t dua sampel independen terdapat perbedaan signifikan antara kelas kontrol dan eksperimen. Dimana nilai sig.(2-tailed) = 0,000 < 0,05, maka H0 ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan motivasi belajar siswa di SMP Negeri 1 Lewa.
References
Ansari, B.I. 2009. Komunikasi Matematik Konsep dan Aplikasi. Banda Aceh: Pena
Hidayat, T., Darhim, D., & Herman, T. (2023). Kemampuan Komunikasi Matematis Dan Kemandirian Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(2), 1812. https://doi.org/10.24127/ajpm.v12i2.6628
Nurlailatul Qiram, Ellis Salsabila, & Meidianingsih, Q. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau Dari Self-esteem Siswa dalam Pembelajaran Matematika di SMP Negeri 6 Kota Bekasi. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah, 6(2), 31–38. https://doi.org/10.21009/jrpms.062.05
Shabrina, A. (2023). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMA Pada Materi Statistika Kelas X. Jurnal Pembelajaran Dan Matematika Sigma (Jpms), 9(1), 10–13.
Sibarani, G., Simanjorang, M. M., & Mukhtar, M. (2022). Analisis Kesulitan Komunikasi Matematis dengan Penerapan Pembelajaran Matematika Realistik Di Kelas X SMA. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 3459–3468. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1517
Su’udah, N., & Salama, F. S. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Materi Statistika. DIDAKTIKA : Jurnal Pemikiran Pendidikan, 29(2), 229. https://doi.org/10.30587/didaktika.v29i2.6506
Zulfah, Z., & Rianti, W. (2018). Kemampuan Representasi Matematis Peserta Didik Bangkinang Dalam Menyelesaikan Soal Pisa 2015. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 118–127. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i2.56
Authors who publish with this journal retain copyright to their articles. However, they grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.