Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Dan Motivasi Belajar Siswa

  • Afni Dita Radja Kale Universitas Kristen Wira Wacana Sumba
  • Mayun Erawati Nggaba Universitas Kristen Wira Wacana Sumba

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap kemampuan komunikasi matematis dan motivasi belajar siswa di SMP Negeri 1 Lewa. Penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen semu yang menggunakan quasi eksperimental design. Populasinya yaitu seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Lewa, dengan subjek VIII A sebagai kelas kontrol yang berjumlah 24 orang dan VIII B sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 24 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan observasi, angket, dan tes. Sedangkan Teknik analisis data menggunakan statistic deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian ini menujukkan model pembelajaran kooperatif tipe jgsaw dapat berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis dan motivasi belajar siswa, dilihat dari hasil pengujian hipotesis uji t dua sampel independen terdapat perbedaan signifikan antara kelas kontrol dan eksperimen. Dimana nilai sig.(2-tailed) = 0,000 < 0,05, maka H0 ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan motivasi belajar siswa di SMP Negeri 1 Lewa.

References

Akmalia, R., & Ulfah, S. (2021). Kecemasan dan Motivasi Belajar Siswa SMP Terhadap Matematika Berdasarkan Gender di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2285–2293. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.846

Ansari, B.I. 2009. Komunikasi Matematik Konsep dan Aplikasi. Banda Aceh: Pena
Hidayat, T., Darhim, D., & Herman, T. (2023). Kemampuan Komunikasi Matematis Dan Kemandirian Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(2), 1812. https://doi.org/10.24127/ajpm.v12i2.6628
Nurlailatul Qiram, Ellis Salsabila, & Meidianingsih, Q. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau Dari Self-esteem Siswa dalam Pembelajaran Matematika di SMP Negeri 6 Kota Bekasi. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah, 6(2), 31–38. https://doi.org/10.21009/jrpms.062.05
Shabrina, A. (2023). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMA Pada Materi Statistika Kelas X. Jurnal Pembelajaran Dan Matematika Sigma (Jpms), 9(1), 10–13.
Sibarani, G., Simanjorang, M. M., & Mukhtar, M. (2022). Analisis Kesulitan Komunikasi Matematis dengan Penerapan Pembelajaran Matematika Realistik Di Kelas X SMA. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 3459–3468. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1517
Su’udah, N., & Salama, F. S. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Materi Statistika. DIDAKTIKA : Jurnal Pemikiran Pendidikan, 29(2), 229. https://doi.org/10.30587/didaktika.v29i2.6506
Zulfah, Z., & Rianti, W. (2018). Kemampuan Representasi Matematis Peserta Didik Bangkinang Dalam Menyelesaikan Soal Pisa 2015. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 118–127. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i2.56
Published
2025-06-30
How to Cite
Radja Kale, A., & Nggaba, M. (2025, June 30). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Dan Motivasi Belajar Siswa. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 8(2), 153-162. https://doi.org/https://doi.org/10.37081/mathedu.v8i2.7379