PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK-PAIR-SHARE TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMP NEGERI 4 MAULIRU

Main Article Content

Merni Harabi Loda Mayun Erawati Nggaba

Abstract

 


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Think-Pair-Share (TPS) terhadap kemampuan pemahaman konsep dan kemandirian belajar siswa kelas VII SMP Negeri 4 Mauliru pada materi bentuk aljabar. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain quasi-experiment tipe pretest-posttest control group. Sampel terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang menggunakan model TPS dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman konsep siswa kelas eksperimen meningkat dari 40,48% sebelum perlakuan menjadi 73,66% setelah perlakuan,Sementara itu, kemandirian belajar siswa meningkat dari 68,01% menjadi 72,332%,. Hasil uji-t menunjukkan bahwa perbedaan antara kelas eksperimen dan kontrol signifikan dengan nilai signifikansi < 0,05. Temuan ini menunjukkan bahwa model pembelajaran TPS efektif dalam meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran, baik dalam hal pemahaman konsep maupun kemandirian belajar. Oleh karena itu, model TPS direkomendasikan sebagai alternatif pembelajaran aktif dalam pembelajaran matematika.

Article Details

How to Cite
Loda, M., & Nggaba, M. E. (2025, November 1). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK-PAIR-SHARE TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMP NEGERI 4 MAULIRU. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 8(3), 34-42. https://doi.org/https://doi.org/10.37081/mathedu.v8i3.7457
Section
Articles

References

Ardiana, N., Harahap, M. S., & Manik, V. A. (2022). Analisis Interaksi Sosial Siswa Serta Kaitannya
Terhadap Hasil Belajar Matematika Di Smk N 1 Sosorgadong. Journal MathEdu, 5(2), 111–116.
http://journal.ipts.ac.id/index.php/
Azizah, J., & Sarumaha, Y. A. (2022). Penggunaan Media Pembelajaran Dalam Membantu. 3(2), 397–
405.
Elindra, R., Lubis, R., & Siregar, Y. L. (2024). Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Thinking
Aloud Pair Problem Solving (Tapps) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa
Di Smp Negeri 4 Sipirok. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 7(3), 1–12.
https://doi.org/10.37081/mathedu.v7i3.5814
Harahap, R. L., Siregar, Y. P., & Lubis, R. (2020). Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Think
Pair Share (Tps) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Di Ponpes AlMukhtariyyah Sungai Dua. Mathematic Education Journal)MathEdu, 3(1), 87–96.
http://journal.ipts.ac.id/index.php/
Indraloka, R. M., Suwasono, P., & Pujiarti, H. (2025). Analysis of High School Students’ Concept
Mastery on Static Fluid Material through Problem-based Learning Assisted by Google Sites. Jurnal
Penelitian Pendidikan IPA, 11(3), 802–811. https://doi.org/10.29303/jppipa.v11i3.10774
Kase, S. K., Daniel, F., & Taneo, P. N. L. (2023). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa
Pada Pembelajaran Model Rme. Satya Widya, 39(2), 118–125.
https://doi.org/10.24246/j.sw.2023.v39.i2.p118-125
Munthe, S. M., Sihombing, S., & Siagian, L. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share
Dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas Xi Ips
Sma Negeri 1 Siantar Kabupaten Simalungun Tahun Ajaran 2022/2023. Jurnal Pendidikan Indonesia : Teori, Penelitian, Dan Inovasi, 2(6), 118–127. https://doi.org/10.59818/jpi.v3i4.365
Oktaviani, V. A., Lyesmaya, D., & Maula, L. H. (2020). Meningkatkan pemahaman konsep matematika
menggunakan pendekatan STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, dan Mathematics).
Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, 5(2), 142.
https://journal.unismuh.ac.id/index.php/jkpd/article/view/3677
Pohan, M. K., Hrahap, M. S., & Siregar, E. Y. (2022). Analisis Hubungan Disposisi Matematika Siswa
Terhadap Kemampuan Koneksi Matematika Selama Pandemi Covid-19 di SMK N 1 Sosorgadong.
Jurnal MathEdu (Mathematic Education Journal), 5(2), 96–103.
Rinanda, M., Harahap, M. S., & Fauzi, R. (2022). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Think Pair
Share Melalui Macromedia Flash 8 Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa.
Mathematic Education Journal)MathEdu, 5(2), 139. http://journal.ipts.ac.id/index.php/
Silaban, Detra, F., Elindra, R., & Harahap, M. S. (2021). Peningkatan Kekmampuan Pemecahan Masalah
Matematis Siswamelalui Penggunaan Model Pembelajaran Blended Learning Berbasis Youtobe Di
Smp N.8 Padangsidimpuan. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 4(1), 18–24.
Tanujaya, B., Prahmana, R. C. I., & Mumu, J. (2020). Mathematics Students’ Hots Assessment.
AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(4), 865.
https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i4.3107
Wardhani, P. S. N. (2017). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share untuk Meningkatkan
Motivasi belajar dan Hasil Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran PPKn. Prosiding Konferensi
Nasional Kewarganegaraan III, November, 249–254