MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI ALJABAR MENGGUNAKAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN WORDWALL

Main Article Content

Nurlela Pakaya Sarson W. Dj Pomalato Taulia Damayanti

Abstract

Penelitian ini merupakan peneltian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa melalui model discovery learning berbantuan wordwall pada materi bentuk aljabar. Subjek penelitian adalah 20 siswa kelas VII MTs Al Mabrur Bone Raya. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui instrumen lembar observasi dan tes hasil belajar. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model discovery learning berbantuan wordwall dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Hasil data dari instrumen dianalisis secara keseluruhan dan menunjukkan terjadi peningkatan rata-rata persentase sesudah diterapkan tindakan lanjutan untuk perbaikan proses belajar mengajar pada siklus II. Dimana aspek observasi seluruh aktivitas guru dan aktiivitas siswa serta hasil belajar siswa diperoleh 80% sesuai dengan indikator keberhasilan penelitian. Pada ranah afektif dan psikomotorik setelah perbaikan pada siklus II mengalami peningkatan 80% sesuai dengan indikator keberhasilan penelitian. Untuk itu, dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning berbantuan wordwall dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi bentuk aljabar.

Article Details

How to Cite
Pakaya, N., Pomalato, S., & Damayanti, T. (2025, November 2). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI ALJABAR MENGGUNAKAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN WORDWALL. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 8(3), 118-129. https://doi.org/https://doi.org/10.37081/mathedu.v8i3.7494
Section
Articles

References

Arifah N. A, & dkk. November 2023. Pembelajaran IPS Sekolah Dasar Dengan Aplikasi Wordwall Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora
Arsyaf Fahira (2020). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Menggunakan Software Geogebra Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X MIPA 2 SMA Negeri 10 Pekanbaru T.A 2019/2020
Agustin Sukses Dakhi (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Vol.8 No.2 Edisi Mei 2020
Aulia Marisya & dkk (2020). Konsep Model Discovery Learning pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar Menurut Pandangan Para Ahli. Jurnal Pendidikan Tambusai Vol. 4 No. 3 Tahun 2020 (2189 – 2198).
Febrianawati Yusup (2018). Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Kuantitatif. Jurnal Tarbiyah Vol. 7 No.1 Januari – Juni 2018 (17-23).
Harianti Ferennita. Juli 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Guided Discovery Learning Terhadap Kemampuan Pemahaman Dan Hasil Belajar Siswa Materi Operasi Aljabar Kelas VII SMP. Jurnal Of Mathematics Education, Science and Technology
Hasanah Miftahul (2017). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Kepala Bernomor Dengan Menggunakan Media Misyu Catung Siswa Kelas IV SDN 5 Dasan Lekong Tahun Pelajaran 2016/2017
Herianto, Pomalato W. Dj. S, Abdullah W. A. November 2023. Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Kubus Dan Balok. Jurnal Research Mathematical and Natural Science
Hubulo A. N, Hulukati E, Uno B. H, Damayanti T. September 2022. Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Melalui Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education Menggunakan Alat Peraga Kubus Dan Balok. Jambura Journal Of Mathematics Education
Iin Nurbudiyani (2013). Pelaksanaan Pengukuran Ranah Kognitif, Afektif, dan Psikomotorik pada Mata Pelajaran IPS Kelas III SD Muhammadiyah Palangkaraya. Anterior Jurnal, Volume 13 Nomor 1 Desember 2013, Hal 88-93.
Jupri R, Zakaria P, Majid, Resmawan, Isa R. D. Desember 2022. Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Operasi Himpunan. Jurnal Ilmiah Matematika, Sains, dan Teknologi
Marisya A, Sukma E. Tahun 2020. Konsep Model Discovery Learning Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Di Sekolah Dasar Menurut Pandangan Para Ahli. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Marlina M.Pd, % dkk (2021). Pengembangan Media Pembelajaran SD/MI. Desa Baroh Kec.Pidie Kab. Pidie Provinsi Aceh
M. Firman & dkk (2023). Top 10 Model Pembelajaran. Indramayu Jawa Barat
Nurrahmawati Lily (2020). Generasi Hebat Generasi Matematika. Pekalongan, Jawa Tengah
Pauweni A. Y. K, Uwange I. D, Ismail S, Kobandaha P. E. Agustus 2022. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Teorema Pythagoras Menggunakan Aplikasi Geogebra Di Kelas VIII SMP 15 Gorontalo. Jurnal Pendidikan Matematika
Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) Tahun Ajaran 2019/2020
Putri Meiliza Risma (2020). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Negeri 66 Kota Bengkulu Dengan Menggunakan Model
Putri Nurengga Budiastuti & Rina Rosdiana (2023). Analisis Langkah-Langkah Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Teks Cerita Inspiratif Kelas IX SMP Di Kabupaten Bogor Utara. 3 No. 1, Juni 2023, Hal 39-45.
Randi,Eka,Putra & Nevya,Clara (2020). Penggunaan Alat Peraga Sederhana Tangga Satuan Berat Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Dengan Metode Demonstrasi. Jurnal Muara Pendidikan
Rizqi Ilyasa Aghni (2018). Fungsi dan Jenis Media Pembelajaran Dalam Pembelajaran Akuntasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, Vol XVI, No. 1.
Rodzikin K, Cahya. M. D. Mei 2023. Peningkatan Hasil Belajar Siswa SD Negeri 4 Palembang Melalui Problem Based Learning Berbantuan Media Wordwall. Jurnal Inovasi Sekolah Dasar
Sari Anita (2023). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Make A Match Berbantuan Media Magic Ball Pada Peserta Didik Kelas 5 Di Sekolah Dasar Negeri Rapah 02 Banyubiru
Septy Nurfadhillah, M.Pd (2021). Media Pembelajaran (Pengertian Media Pembelajaran, Landasan, Fungsi, Manfaat, Jenis-Jenis Media Pembelajaran). Tangerang
Sidi R.R, Yunianta. H. M. P. Maret 2018. Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa SMP Kelas VII Pada Materi Aljabar Dengan Menggunakan Strategi Joyful Learning. MAJU, Vol 5 No. 1
Sukma Y, Supriyono A. Januari 2019. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Materi Limit Fungsi Aljabar Menggunakan Discovery Learning Di SMAN 10 Palembang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Tahir N. N, Ismail S, Oroh A. F, Zakaria P, Usman K. Juni 2022. Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Ditinjau Dari Penggunaan Multimedia Game Petualangan Dalam Limas Berbasis Mobile Learning Di SMP Negeri 1 Tilango. Jurnal Ilmiah Matematika, Sains, dan Teknologi
Ulnatifah R, Anjarini T, Khaq M. Juni 2024. Penerapan Model Pembelajaran Make A Match Berbantuan Media Wordwall Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Dalam Kehidupanku Kelas V SD Negeri Jono. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar
Widyowati P.A, Huda.C, Saputro. A.S, Almi. November 2023. Upaya Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Penerapan Model PBL Berbantuan Media Wordwall Pada Kelas VI A SD Negeri Pandeanlamper 03 Semarang. Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru
Wilda Agnesia Panjaitan & dkk (2020). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu Volume 4 Nomor Tahun 2020 hal 1350-1357.
Wungguli D, Yahya L. Maret 2020. Pengaruh Penggunaan Media Berbasis Information and Communication Technology (ICT) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Dimensi Tiga. Jambura Journal Of Mathematics Education