The Effectiveness of the PBL Model Assisted by Lintwova Media to Improve Mathematical Critical Thinking Skills
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menganalisis kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang mengajar dengan model Problem-Based Learning berbantuan media Lintwova untuk mencapai Kriteria Pencapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP) dan (2) adakah peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa antara sebelum dan sesudah penggunaan model Problem-Based Learning berbantuan media Lintwova. Metode Quasi Eksperimental Design dengan Nonequivalent Pretest-Posttest Control Design. Subjek dalam penelitian ini adalah dua kelas dari SMP 2 Bae dengan pengambilan sampel menggunakan teknik Simple Random Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan menggunakan tes kemampuan berpikir kritis matematis. Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrumen tes berupa pretest dan posttest dengan 5 soal sesuai dengan indikator kemampuan berpikir kritis matematis. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang diajarkan dengan model Problem-Based Learning berbantuan media Lintwova mencapai Kriteria Pencapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP). Selain itu, terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa setelah penerapan model Problem Based Learning berbantuan media Lintwova dengan kriteria peningkatan sedang.
Article Details
Authors who publish with this journal retain copyright to their articles. However, they grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
References
Azis, A. K., Yunus, S. R., & Saenab, S. (2024). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 24 Makassar. JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN SAINS INDONESIA (JPPSI), 7(2), 129–140.
Fani, S. M., & Indarini, E. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Matematika SD. JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan), 6(12), 10132–10138. http://Jiip.stkipyapisdompu.ac.id
Handayani, A., & Koeswanti, H. D. (2021). Meta-Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Jurnal Basicedu, 5(3), 1349–1355. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.924
Hutagalung, M. T., Siagian, A. F., & Saragih, S. T. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Subtema Sumber Energi. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(02), 438–444. https://doi.org/10.47709/educendikia.v3i02.3058
Mulyani, R. E., Masfingatin, T., & Suparwati, A. (2024). Problem Based Learning Terintegrasi Pendekatan Teaching at the Right Level untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 1589–1604. https://jurnaledukasia.org
Nirmala Sari, F. K., & Rusmanto, A. (2022). Penerapan Model Problem Based Learning (Pembelajaran Berbasis Masalah) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Kurikula : Jurnal Pendidikan, 7(1), 20–24. https://ejournal.iaingawi.ac.id/index.php/kurikula/index
Nurhidayah, A., Suyoto, S., Suwarni, S., & Nugroho, A. A. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Matematika melalui Model Problem Based Learning di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 8(4), 3271–3278. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i4.8484
Rahmaini, N., & Chandra, S. O. (2024). Pentingnya Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Matematika. Maret 2024 Journal of Mathematics Education and Application, 4(1). https://mathjournal.unram.ac.id/index.php/Griya/indexGriya
Septiananda, R. F., Wijayanti, A., & Wuryaningsih. (2024). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas VII di SMP Negeri 1 Banguntapan pada Materi Tata Surya Tahun Pelajaran 2023/2024. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, 3(1).
Sianturi, A., Sipayung, T. N., Marta, F., & Simorangkir, F. M. A. (2018). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMPN 5 Sumbul. Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1).
Sihaloho, N. M., Remigius Abi, A., Sitepu, A., Sinaga, R., & HS, D. W. S. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Muatan Pembelajaran IPAS Kelas IV SD Swasta Kartika 1-2. Journal on Education, 07(01), 1294–1304. http://jonedu.org/index.php/joe
Simatupang, W. P. S., & Ritonga, F. U. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) dalam Pembelajaran Matematika di UPT SDN 067952. MITRA ABDIMAS: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, 3, 9–12. https://doi.org/10.57251/mabdimas.v3i1
Suryani, D., Wanabuliandari, S., & Riswari, L. A. (2024). Efektivitas Media Interaktif Ethmamenke Berbasis Android untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Metematis. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika, 1, 31–38. http://journal.unirow.ac.id/index.php/jrpm
Windriani, B. N., Darmiany, & Jaelani, A. K. (2021). Hubungan Gaya Belajar Dengan Kemampuan Berpikir Kritis Siwa Kelas V SDN 5 Gunung Rajak Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Ilmiah Pendidikan Indonesia, 3, 98–104. https://jipi.unram.ac.id/index.php/jipi/article/view/168