Penerapan Model Problem-Based Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel

Main Article Content

Sumarno Ismail Rahmatillah M. Dj. Tayeb Nursiya Bito

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa melalui model problem-based learning (PBL) pada materi persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang diberikan kepada 17 orang siswa kelas VII-B MTs Negri 2 Bolaang Mongondow Selatan sebagai subjek penelitian. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus, yang masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui instrumen lembar observasi guru dan siswa, serta tes hasil belajar. Pada siklus I data hasil observasi terhadap kegiatan guru dan siswa menujukkan rata-rata kriteria cukup baik (CB) dan hasil belajar siswa menunjukkan ketuntasan sebesar 64,7% dimana 11 dari 17 siswa yang mencapai nilai diatas KKM. Karena indikator keberhasilan tidak tercapai yakni minimal 80% maka penelitian dilanjutkan ke siklus II dengan beberapa perbaikan. Setelah melakukan perbaikan, pada siklus II diperoleh data hasil observasi terhadap kegiatan guru dan siswa sudah mencapai rata-rata kriteria baik (B) dan hasil belajar siswa juga menunjukkan peningkatan dimana 82,35% atau 14 dari 17 orang siswa telah berhasil mencapai nilai diatas KKM. Berdasarkan pernyataan tersebut, dapat disimpulkan bahwa model problem-based learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel.

Article Details

How to Cite
Ismail, S., Tayeb, R., & Bito, N. (2025, November 20). Penerapan Model Problem-Based Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 8(3), 238-248. https://doi.org/https://doi.org/10.37081/mathedu.v8i3.7541
Section
Articles

References

Amalia, R., & Arifin, M. B. (2022). Komponen pendukung pembelajaran efektif dalam meningkatkan hasil belajar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 9(1), 45-53.
Arham, A., Zakaria, P., Katili, N., & Damayanti, T. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Materi Matriks Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT. Jambura Journal of Mathematics Education, 4(2), 148-157
Fauziah, S., & Yusuf M. (2023). Pengaruh model problem-based learning terhadap hasil belajar matematika siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 8(1), 43-50.
Fitriana, I., & Suparman, M. (2017). Penerapan model PBL untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(2), 113-121)
Fitriani. (2016). Sukses Profesi Guru Dengan Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: CV Budi Utama
Hasibuan, H. I., & Lubis, N. (2020). Pengaruh model PBL terhadap aktivitas dan hasil belajar matematika. Jurnal MathEdu Inspiration, 11(1), 45-51.
Hidayat, R., & Wulandari, S. (2021). Peran siswa sebagai subjek dalam pendidikan abad 21. Jurnal Pendidikan Progresif, 11(2), 87-94.
Huda, M., Yusoff, Z. M., Kamaruddin, S. N. A., & Jasmi, K. A. (2016). Innovative teching strategy in the Quran learning: Experiences of Malaysian Schools. Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), 1-22.
Ismail, S., & Rahim, R. A. (2022). Pengaruh problem-based learning terhadap konsentrasi dan keterampilan berpikir kritis siswa. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(2), 92-101.
Jufrin, J., Isa, D. R., Nurwan, N., Majid, M., Bito, N., & Zakiah, S. (2023). Meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika melalui model problem based learning materi operasi bentuk aljabar. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(2), 12145-12154.
Maulida, N., & Fitri, A. (2020) Implementasi PBL untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia. 5(1), 20-27.
Nurhasanah, E., & Ningsih, R. (2021), Peran guru sebagai fasilitator dalam model pembelajaran PBL. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 8(2), 77-85.
Pauweni, K. A., Uwange, D. I., Ismail, S., & Kobandaha, P. E. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Materi Teorema Pythagoras Menggunakan Aplikasi Geogebra di Kelas VIII SMP Negeri 15 Gorontalo. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 2660-2672
Purnamasari, D., Nguraheni, R., & Fitria, L. (2020). Evaluasi ketercapaian hasil belajar berdasarkan analisis kualitatif. Jurnal Evaluasi Pendidikan, 11(1), 32-41.
Rahmawati, E., & Lestari, M. (2016). Pengembangan profesional profesionalisme guru dalam upaya peningkatan mutu pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 21(3), 278-286.
Rani, N., & Mujianto, G. (2023). Peningkatan Hasil Belajar IPAS Materi Transformasi Energi Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Kelas IV Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 1529-1543.
Rosnawati R., & Jatmiko, B. (2020). Peran Guru dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Pendidikan Indonesia, 9(2), 123-132.
Setyosari, P. (2014). Menciptakan pembelajaran yang efektif dan berkualitas. Jurnal Inovasi dan teknologi pembelajaran, 1(1), 20-30
Siregar, E. (2018). Penerpan PBL untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa. Jurnal Pendidikan Matematika UNIMED, 12(1), 35-42.
Wibowo, S., & Sumarni, T. (2020). Strategi kolaboratif pemerintah dan sekolah dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Jurnal Manajemen Pendidikan, 8(2), 122-130.
Yuliana, S., & Prasetyo, A. (2018). Peran guru dalam menciptakan pembelajaran aktif. Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 55-60.