EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK DALAM MEMBELAJARKAN KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS MATEMATIKA SISWA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keefektifan penerapan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) dalam membelajarkan Kemampuan Berpikir Logis Matematika (KBLM) siswa SMP. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuasi ekperimen dengan rancangan one grup pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 4 Padangsidimpuan tahun ajaran 2018/2019. Kemudian diangkat sampel dengan teknik cluster random sampling sehingga terpilih sampel penelitian yang dijadikan sebagai kelas eksperimen atau yang diberi perlakuan dengan pendekatan PMR yaitu kelas VII-1 sebanyak 32 orang. Pengumpulan data penelitian mengunakan instrumen yang meliputi tes, lembar observasi dan angket. Data yang dikumpulkan terdiri dari data KBLM siswa, data aktivitas siswa dalam pembelajaran dan data respon siswa terhadap perangkat pembelajaran. Pelaksanaan pembelajaran dengan pendekatan PMR sebanyak 4 kali pertemuan memberikan simpulan penelitian bahwa: (1) Ketuntasan belajar siswa setelah pembelajaran memenuhi kriteria ketuntasan secara klasikal, yaitu diperoleh ketuntasan klasikal siswa kelas eksperipen diatas 85% yaitu 87,50%. (2) Aktivitas siswa dalam pembelajaran adalah efektif, yaitu semua aktivitas yang diobservasi dalam kegiatan pembelajaran memenuhi kriteria keefektifan. (3) Respon siswa terhadap pembelajaran adalah positif, yaitu respon siswa terhadap semua aspek perangkat berada di atas 80% yaitu sebesar 95,94%. Dengan demikian penerapan pendekatan PMR efektif dalam membelajarkan KBLM siswa SMP.
Authors who publish with this journal retain copyright to their articles. However, they grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.