IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMP NEGERI 3 PADANGSIDIMPUAN

Main Article Content

Muhammad Syahril Harahap Febriani Hastini Nasution Nurhidaya Fithriyah Nasution

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi berdasarkan studi pendahuluan dengan melaksanakan observasi
awal di SMP Negeri 3 Padangsidimpuan, ditemukan bahwa guru masih dalam tahap penyesuaian diri
terhadap kurikulum merdeka yang menjadikan pelaksanaan kurikulum merdeka kurang optimal.
Kurangnya minat peserta didik, dan kemampuan dasar matematika serta sarana dan prasarana yang
kurang memadai yang melatarbelakangi peneliti ingin melihat sejauh mana implementasi kurikulum
merdeka di SMP Negeri 3 Padangsidimpuan. Fokus dari penelitian ini yaitu menganalisis penerapan
kurikulum merdeka di SMP Negeri 3 Padangsidimpuan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui
bagaimana tahapan perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan pengolahan hasil
asesmen di SMP Negeri 3 Padangsidimpuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Instrumen
yang digunakan untuk mendapat informasi yaitu lembar observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber
data terdiri dari guru mata pelajaran matematika, peserta didik, dan beberapa dokumentasi. Berdasarkan
hasil penelitian dengan menggunakan teknik analisis berupa reduksi data, penyajian data, dan penarikan
kesimpulan diperoleh bahwa untuk tahap perencanaan guru sudah menyiapkan rancangan pembelajaran
seperti modul ajar, dan untuk tahap pelaksanaan guru menerapkan pembelajaran berdasarkan komponen
yang terdapat dalam kurikulum merdeka tetapi tidak terlaksana dengan baik dikarenakan kurangnya
fasilitas atau sarana dan prasarana untuk mewujudkan pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum
merdeka, dan guru juga mengolah hasil asesmen untuk dijadikan nilai akhir

Article Details

How to Cite
Harahap, M., Nasution, F., & Nasution, N. (2025, November 1). IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMP NEGERI 3 PADANGSIDIMPUAN. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 8(3), 88-94. https://doi.org/https://doi.org/10.37081/mathedu.v8i3.7567
Section
Articles

References

Kurikulum, B. S. (2022). Panduan Pembelajaran dan Asesmen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan
Dasar, dan Menengah. Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik
Indonesia.
Mudrikah, A., Khori, A., Hamdani, H., Holik, A., Hakim, L.L., Yasmadi, B., & Hidayat, H. (2022).
Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di Uniersitas Islam Nusantara.
Ismlamic management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), 137-148.
https://www.researchgate.net/profile/AnitaMaharani/publication/359652702_Metodologi_Penelitian_Kualitatif/links/6246f08b21077329f2
e8330b/Metodologi-Penelitian-Kualitatif.pdf Diakses pada 04 Maret 2025
Hasanah, N., & Nuraini, D. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran di Sekolah
Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 9(2), 101–113.
Kemendikbudristek. (2022). Panduan Pengembangan Pembelajaran dan Asesmen pada Kurikulum
Merdeka. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Kemendikbudristek. (2022). Panduan Pembelajaran dan Asesmen pada Kurikulum Merdeka. Jakarta:
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Rahayu, E., & Sari, W. (2023). Kesiapan Guru dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah
Menengah Pertama. Jurnal Inovasi Pendidikan, 14(1), 55–66.
Rahayu, E., & Sari, W. (2023). Kesiapan Guru dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah
Menengah Pertama. Jurnal Inovasi Pendidikan, 14(1), 55–66.
Sanjaya, W. (2021). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Susanto, A. (2023). Tantangan Guru dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. Jurnal Ilmiah Pendidikan,
10(2), 77–89.
Sanjaya, W. (2021). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Wiggins, G., & McTighe, J. (2005). Understanding by Design. Alexandria: ASCD.
Tuerah, R. M., & Tuerah, J. M. (2020). Kurikulum Merdeka dalam Perspektif Kajian Teori: Analisis
Kebijakan untuk Peningkatan Kualitas Pembelajaran di Sekolah. Jurnal Ilmiah Wahana
Pendidikan, 9(19), 979-988. https://doi.org/10.5281/zenodo.10047903 diakses pada 10 Maret
2025
Tuerah, R., Rondonuwu, R., & Pangemanan, J. (2023). Kebijakan Kurikulum Merdeka dan Tantangan
Implementasinya di Satuan Pendidikan. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 12(3), 45–58.
Ulfatimah, N. (2020). Analisis Implementasi Kebijakan Pendidikan dalam Konteks Kurikulum Nasional.
Jurnal Kebijakan Pendidikan, 5(1), 23–35.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 8 Juli
2003. Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2003 Nomor 4301. Jakarta.
Yanti, W. T., & nFauzan, A (2021). Desain Pembelajaran Berbasis Mathematical Cognition Topik
Mengenal Bilangan untuk Siswa Lamban Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 6367-
6377. https://jbasic.org/index.php/basicedu diakses pada 10 Maret 2025
Wiggins, G., & McTighe, J. (2005). Understanding by Design. Alexandria: ASCD.