Meningkatkan Kemampuan Spasial Matematika Siswa di SMP Negeri 3 Padangsidimpuan
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan spasial matematika siswa di SMP N 3 Padangsidimpuan. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menggunakan dua siklus. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII-2 SMP N 3 Padangsidimpuan dengan jumlah 24 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes, lembar observasi dan dokumentasi. Instrumen dari penelitian ini adalah silabus, RPP. Analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif. Hasil penelitian dua silus tersebut menunjukkan adanya peningkatan kemampuan spasial matematika siswa, dimana pada siklus I hasil rata-rata skor siswa sebesar 68,6. Sedangkan pada siklus II menunjukkan peningkatan cukup tinggi dengan hasil rata-rata skor siswa sebesar 88,9. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa meningktakan kemampuan spasial matematika siswa di SMP N 3 Padangsidimpuan dengan pembelajaran kooperatif.
Kata Kunci: Penigkatan, Kemampuan Spasial, Pendidikan Matematika
Authors who publish with this journal retain copyright to their articles. However, they grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.