Efektivitas Model Creative Problem Solving Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Di SMP Swasta HKBP Padangsidimpuan

  • novia sartika sartika FPMIPAIPTA
  • Rahmatika Elindra Pendidikan Matematika IPTS

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan penggunaan model pemecahan masalah kreatif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada siswa kelas tujuh SMP Swasta HKBP Padangsidimpuan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode eksperimental (satu desain pretest posttest) dengan 25 siswa sebagai sampel dan mereka diambil dengan menggunakan teknik total sampling. Observasi dan tes digunakan dalam mengumpulkan data. Berdasarkan analisis deskriptif, dapat ditemukan (a) rata-rata menggunakan model pemecahan masalah kreatif adalah 3,5 (kategori baik) dan (b) rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika siswa sebelum menggunakan model pemecahan masalah kreatif adalah 53,4 (kategori adil ) dan setelah menggunakan model pemecahan masalah kreatif adalah 75,8 (kategori baik). Selanjutnya, berdasarkan statistik inferensial dengan menggunakan N-Gain, hasilnya menunjukkan G = 54 (kategori rata-rata). Artinya, menggunakan model pemecahan masalah kreatif pada kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada siswa kelas tujuh di SMP Swasta HKBP Padangsidimpuan.

 

 

Published
2019-10-29
How to Cite
sartika, novia, & Elindra, R. (2019, October 29). Efektivitas Model Creative Problem Solving Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Di SMP Swasta HKBP Padangsidimpuan. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 2(3), 42-48. Retrieved from https://journal.ipts.ac.id/index.php/MathEdu/article/view/959