Efektivitas Model Pembelajaran Take and Give Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa di SMP Negeri 5 Padangsidimpuan

  • Habibullah Ritonga FP MIPA Institut Pendidikan Tapanuli Selatan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat keefektivan antara penggunaan model pembelajaran Take and Give terhadap kemampuan komunikasi matematis Siswa di SMP Negeri 5 Padangsidimpuan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode eksperimen (one group pretest post test design) dengan sampel 25 siswa dan diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling dari 289 siswa. Pengumpulan data menggunakan Lembar Observasi dan Tes. Untuk menganalisis data digunakan Analisis deskriptif dan statistik inferensial. Berdasarkan hasil perhitungan pada analisis statistik menggambarkan bahwa nilai rata-rata Penggunaan Model Pembelajarani Take and Give sebesar 2,70 termasuk dalam kategori “Baik”dan Kemampuan komunikasi matematis siswa sebelum menggunakan model pembelajaran Take and Give nilai rata-rata 51,36 termasuk dalam kategori “kurang” dansetelah menggunakan model pembelajaran Take and Give mencapai nilai rata-rata sebesar 81,95 termasuk dalam kategori “ Baik”. Nilai signifikan yang diperoleh adalah 0,000 < 0,005. Besarnya Keefektivan model pembelajaran Take and Give terhadap kemampuan matematis siswa dengan presentasi 0,77 masuk dalam kategori “Tinggi”. Artinya Model pembelajaran Take and Give efektif Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa di SMP Negeri 5 Padangsidimpuan.

Published
2019-07-04
How to Cite
Ritonga, H. (2019, July 4). Efektivitas Model Pembelajaran Take and Give Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa di SMP Negeri 5 Padangsidimpuan. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 2(02), 9-14. Retrieved from https://journal.ipts.ac.id/index.php/MathEdu/article/view/963