EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP) TERHADAP KEMAMPUAN SPASIAL MATEMATIS SISWA DI SMPN 3 PADANGSIDIMPUAN

  • Fatimah Sahara Lubis FPMIPA

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat keefektivan antara penggunaan model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) terhadap kemampuan spasial matematis Siswa di SMPN 3 Padangsidimpuan. Populasi penelitian ini seluruh kelas VIII SMPN 3 Padangsidimpuan yang terdiri dari 11 ruangan yang berjumlah 269 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan simple random sampling. Dengan menggunakan teknik tersebut yang terpilih kelas VIII-2 yang berjumlah 29 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain One Group Pretest posttest, yakni untuk melihat kemampuan spasial matematis siswa dengan pengukuran sebanyak dua kali yaitu sebelum dan sesudah perlakuan. Pengumpulan data menggunakan Lembar Observasi dan Tes. Untuk menganalisis data digunakan Analisis butir soal, deskriptif dan statistik inferensial. Berdasarkan hasil perhitungan pada analisis statistik menggambarkan bahwa nilai rata-rata Penggunaan Model Pembelajaran MMP yaitu 8 termasuk dalam kategori “Sangat Baik”. Kemampuan penalaran matematis siswa sebelum menggunakan model pembelajaran MMP nilai rata-rata 60,51 termasuk dalam kategori “Cukup”setelah menggunakan model pembelajaran MMP mencapai nilai rata-rata sebesar 85,41 termasuk dalam kategori “Baik Sekali”. Nilai signifikan yang diperoleh adalah 0,000 < 0,005. Besarnya Keefektivan model pembelajaran MMP terhadap kemampuan spasial matematis siswa dengan presentasi 0,63 masuk dalam kategori “Sedang”. Artinya terdapat efektivitas yang signifikan antara penggunaan model pembelajaran Missouri MMP terhadap kemampuan spasial matematis siswa di SMPN 3 Padangsidimpuan.

 Model MMP,

Published
2019-10-29
How to Cite
Lubis, F. (2019, October 29). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP) TERHADAP KEMAMPUAN SPASIAL MATEMATIS SISWA DI SMPN 3 PADANGSIDIMPUAN. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 2(3), 16 - 24. Retrieved from https://journal.ipts.ac.id/index.php/MathEdu/article/view/964