EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN SOMATIC AUDITORY VISUALIZATION INTELLECTUALLY (SAVI) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DI SMP NEGERI 8 PADANGSIDIMPUAN

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Tiya Mariyadi Siagian

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan keefektifan penggunaan model pembelajaran somatic auditory visualization intellectually (SAVI) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada kelas VIII SMP Negeri 8 Padangsisimpuan. Penelitian ini dilakukan dengan menerapkan eksperimen (one group pre-test post-test design) dengan sampel 25 siswa dan di ambil dengan menggunakan tekni cluster random sampling dari 271 siswa. Observasi dan tes digunakan dalam mengumpulkan data. Berdasarkan analisis deskriptif ditemukan: (a) Rata-rata menggunakan model pembelajaran adalah 3,83(kategori sangat baik) dan (b) Rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sebelum menggunakan model pembelajaran Somatic Auditory Visualization Intellectually (SAVI)  nilai rata-rata 45,36 (kategori kurang) setelah menggunakan model pembelajaran Somatic Auditory Visualization Intellectually (SAVI)  mencapai nilai rata-rata sebesar 81,92 (kategori sangat baik). Formulasi hasil N-Gain menunjukkan G = 0.81 (kategori tinggi) untuk kemampuan pemecahan masalah matematis siswa artinya model pembelajaran somatic auditory visualization intellectually (SAVI) efektif  terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di kelas VIII SMP Negeri 8 Padangsidimpuan.


 

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

##submission.howToCite##
Siagian, T. (2019, Oktober 30). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN SOMATIC AUDITORY VISUALIZATION INTELLECTUALLY (SAVI) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DI SMP NEGERI 8 PADANGSIDIMPUAN. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 2(3), 112-119. Diambil dari https://journal.ipts.ac.id/index.php/MathEdu/article/view/965
Bagian
Articles