EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN SOMATIC AUDITORY VISUALIZATION INTELLECTUALLY (SAVI) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DI SMP NEGERI 8 PADANGSIDIMPUAN
##plugins.themes.bootstrap3.article.main##
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan keefektifan penggunaan model pembelajaran somatic auditory visualization intellectually (SAVI) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada kelas VIII SMP Negeri 8 Padangsisimpuan. Penelitian ini dilakukan dengan menerapkan eksperimen (one group pre-test post-test design) dengan sampel 25 siswa dan di ambil dengan menggunakan tekni cluster random sampling dari 271 siswa. Observasi dan tes digunakan dalam mengumpulkan data. Berdasarkan analisis deskriptif ditemukan: (a) Rata-rata menggunakan model pembelajaran adalah 3,83(kategori sangat baik) dan (b) Rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sebelum menggunakan model pembelajaran Somatic Auditory Visualization Intellectually (SAVI) nilai rata-rata 45,36 (kategori kurang) setelah menggunakan model pembelajaran Somatic Auditory Visualization Intellectually (SAVI) mencapai nilai rata-rata sebesar 81,92 (kategori sangat baik). Formulasi hasil N-Gain menunjukkan G = 0.81 (kategori tinggi) untuk kemampuan pemecahan masalah matematis siswa artinya model pembelajaran somatic auditory visualization intellectually (SAVI) efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di kelas VIII SMP Negeri 8 Padangsidimpuan.
##plugins.themes.bootstrap3.article.details##
Authors who publish with this journal retain copyright to their articles. However, they grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.