EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING DENGAN MACROMEDIA FLASH 8 TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DI KELAS X MAN PADANG LAWAS UTARA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah terdapat efektifitas antara model pembelajaran Snowball Throwing dengan Macromedia Flash 8 terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa di Kelas X MAN Padang Lawas Utara. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode eksprimen dengan desain penelitian one-group Pretest-Posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MAN Padang Lawas Utara yang terdiri dari 3 kelas dengan umlah siswa 102 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik cluster random sampling dan dan kelas yang terpilih untuk sampel adalah kelas X-IPA2 dengan jumlah siswa 25 siswa. Jadi sampel penelitian sebanyak 25 siswa. Berdasarkan hasil perhitungan pada analisis deskriptif menggambarkan bahwa nilai rata – rata model pembelajaran Snowball Throwing dengan Macromedia Flash 8 sebesar 3,6 nilai rata – rata untuk kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sebelum menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing dengan Macromedia Flash 8 sebesar 53,52 dengan kategori gagal dan nilai rata–rata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa setelah menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing dengan Macromedia Flash 8 sebesar 76 dengan kategori baik. Agar diketahui hipotesis yang di tegakkan dalam penelitian ini efektif atau tidak, maka dilakukan uji hipotesis. Berdasarkan hasil perhitungan yang dilakukan diperoleh nilai sig <0,05, maka hipotesis alternatif yang di ujikan dapat diterima. Dengan kata lain “Terdapat efektivitas antara model pembelajaran Snowball Throwing dengan Macromedia Flash 8 terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa MAN Padang Lawas Utara”.