EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL KOOPERATIF SCRIPT DENGAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DI KELAS XI MAS HAJIJAH AMALIA SARI

  • Nunik Ardiana Institut Pendidikan Tapanuli Selatan
  • Eva Yanti Siregar Institut Pendidikan Tapanuli Selatan
  • Putri Amalia Hidayani Nasution Institut Pendidikan Tapanuli Selatan
Keywords: kooperatif script, pemecahan masalah, logaritma

Abstract

 Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran kooperatif script terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di Kelas XI MAS Hajijah Amalia Sari.sample penelitian diperoleh dengan menggunakan tekhnik simple random sampling yaitu kelas XI MAS Hajijah Amaia Sari. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan jenis one group pretest posttest design. Data penelitian diperoleh dari hasil pengamatan keterampilan guru dengan menggunakan instrument tes berupa pretest dan posttest untuk siswa. Kemudian data penelitian ini dianalisis dengan statistic deskriptif dan statistik inferensial dengan menggunakan taraf signifikan 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) nilai rata-rata penerapan model pembelajaran kooperatif script adalah 3,7 dengan kategori “sangat baik”. 2) nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sebelum penggunaan model pembelajaran kooperatif script adalah 67,14 dengan kategori “kurang” dan setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif script adalah 84,14 dengan kategori “sangat baik”. 3) berdasarkan statistic inferensial dengan menggunakan paired samples test (SPSS 22) diperoleh nilai signifikan 0,000 yang lebih kecil dari taraf nyata alpha 0,05 (0,000 < 0,05). Artinya penggunaan model pembelajaran kooperatif script efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Hasil penelitian ini dapat menjadi pertimbangan bagi guru matematika dalam menggunakan model pembelajaran kooperatif script dalam memecahkan masalah pembelajaran matematika.

References

Sartika, Novia dan Elindra, Rahmatika. 2019. Efektivitas Pengunaan Model creative solving terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Di SMP Swasta HKBP Padangsidimpuan. Jurnal Pendidikan Edukasi IPTS Padangsidimpuan Indonesia.
Ermila. (2018). Efektifitas Penggunaan Model Pembelajaran Talking Stick Terhadap Kemmapuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Di Kelas VII MTS YPKS Padangsidipuan. Jurnal MathEdu (Matematic Education Jornal), 1, 78-83.
Ramatania, D.D.,& Setiawan, Y. 2021. Pengembangan Meda Poly Game Pada Pembelajaran Matematika Dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. 5 (4): 2451-2460.
Rangkuti, A. M (2019). Pendidikan Matematka Realistik. Bandung: Cita Pustaka Media.
Fadilah, N. S. & Hakim, D. L. (2022). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMA pada Materi Fungsi. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 7(1), 64-73.
Ritonga Cronica Ester. 2018. Efektivitas Model Problem Posing Terhadap KemampuanPemecahan Masalah Matematis Siswa di SMP Negeri 3 Angkola Selatan. Jurnal Mathedu(Mathematic Education Jurnal). Vol 1. No 2 .ISSN 2621-9832.
BNSP. 2006. Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah.
Wulandari, N., Lyesmaya, D., & Nurasiah, I. (2019). Meningkatkan Keterampilan Membaca Nyaring Melalui Model Pembelajaran Cooperative Script di Sekolah Dasar. Attadib Journal Of Elementary Education, 3(2), 4.
Saefullah., Habibah, L. N., dan Dewi, L.P., (2019). Kaji Tindak Model Pembelajaran Cooperative Script Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada pembelajaran PAI Materi Ikhlas, Sabar dan Pemaaf Siswa Kelas VII SMP Muara Ilmu Tahun Pelajaran 2018-2019. Jurnal Qiro'ah, 35.
Novryda, E., Bustanur., dan Nahwiyah, S. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV Mata Pelajaran PAI di SDN 009 Parit Teratat Air Hitam Kecamatan Sentajo Raya Kabupaten Kuantan Singingi. JOM FTK UNIKS, 192
Published
2024-11-11
How to Cite
Ardiana, N., Siregar, E., & Nasution, P. A. (2024, November 11). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL KOOPERATIF SCRIPT DENGAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DI KELAS XI MAS HAJIJAH AMALIA SARI. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 7(3), 91-98. https://doi.org/https://doi.org/10.37081/mathedu.v7i3.6156